Rivan Purwantono Pimpin Jasa Raharja, KB Bukopin Cari Pengganti

Rivan Purwantono Pimpin Jasa Raharja, KB Bukopin Cari Pengganti

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank KB Bukopin menggelar rapat umum pemegang saham (RUPST) hari ini, 17 Juni 2021. Ada tujuh agenda yang akan dimintakan persetujuan pemegang saham, diantaranya pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT) VI yang diharapkan makin memperkuat struktur permodalan bank ini dan perubahan pengurus. Sebab, Rivan A. Purwantono yang memimpin Bank Bukopin sejak 18 Juni 2020 pagi ini resmi mendapatkan mandat baru untuk memimpin Jasa Raharja (Persero) melalui RUPST.

Kementerian BUMN menilai tugas Rivan di Bank Bukopin sudah selesai dan akan ditarik kembali ke BUMN. Rivan mengungkapkan bahwa ia telah rampung dalam menyelesaikan tugasnya untuk penyelamatan dan recovery Bukopin pasca krisis tahun lalu. “Setiap tugas yang diberikan kepada saya merupakan mandat yang harus dijalankan sebaik mungkin,” ujar Rivan kepada infobanknews, Kamis, 17 Juni 2021.

Menurut catatan Infobanknews, Rivan yang sebelumnya menjadi Direktur Konsumer Bank Bukopin pernah ditarik menjadi Direktur Keuangan KAI (Persero) pada 8 Mei 2020 oleh Kementerian BUMN yang sebulan kemudian atau 18 Juni 2020 diminta memimpin Bank Bukopin. Perlu dicatat, waktu itu pemerintah masih memiliki sekitar 9% saham Bank Bukopin dan memiliki kepentingan terhadap bank baik karena kepemilikan maupun dampak krisis yang bisa menyeret industri perbankan di tengah pandemi COVID-19 kalau Bank Bukopin sampai jatuh.

Rivan berhasil menangani krisis Bank Bukopin yang sebelumnya sempat gagal kliring, gejala rush nasabahnya, dan kabar-kabar miring. Bahkan, dia berhasil melakukan koordinasi yang efektif dengan seluruh stakeholders, terutama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga berhasil meyakinkan KB Kookmin Bank untuk menginjeksi likuiditas banknya hingga menjadi PSP, meskipun kemudian muncul perbedaan pendapat antara Bosowa Corporindo yang sebelumnya menjadi PSP dengan OJK dan KB Kookmin.

Dalam perjalananannya, Rivan berhasil menyelamatkan Bank Bukopin  yang pada akhir 2020 diputuskan berubah nama menjadi Bank KB Bukopin, melakukan transformasi, dan tercapainya kesepakatan damai antara Bosowa dengan OJK dan KB Kookmin. 

Karir Rivan yang menyelesaikan pendidikan sarjana dari Universitas Gadjah Mada pada 1991 dan meraih magister bidang hukum dari Universitas Pelita Harapan ini dimulai di LippoBank dan mulai bergabung dengan Bank Bukopin pada 2006 dengan menjabat Private Banking Group Head. Dia menjadi salah satu tokoh kunci di balik pengembangan Bukopin Bisnis Konsumer, mendirikan Bukopin Prioritas, terlebih lagi ketika ia menjabat Liabilities Consumer Group II Head, kemudian Area Business Group Head pada 2007 lalu menjadi Direktur Konsumer pada 2018. (*) Karnoto Mohamad

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]