News Update

Rivan A. Purwantono Tinggalkan Bukopin Dan Mengisi Kursi Direktur Keuangan KAI

Jakarta – Pemegang saham Bank Bukopin kini harus mencari figur baru untuk mengisi kursi direktur konsumer yang ditinggalkan Rivan A. Purwantono. Sebab, bankir yang merintis karir dari LippoBank dan bergabung dengan Bank Bukopin pada 2006 hingga diangkat sebagai direktur konsumer pada Januari 2018, ini ditunjuk Erick Thohir selaku Menteri BUMN, untuk menduduki kursi Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI pada 8 Mei 2020.

Rivan Purwantono melengkapi wajah baru manajemen KAI bersama sejumlah profesional lain Jeffrie N. Korompi, Maqin U. Norhadi, dan Agung Yunanto. Didiek Hartantyo yang sebelumnya Direktur Keuangan KAI naik menjadi Direktur Utama menggantikan posisi Edi Sukmoro.

Rivan yang menyelesaikan pendidikan sarjana dari Universitas Gadjah Mada pada 1991 ini menduduki kursi Private Banking Group Head Bank Bukopin pada 2006. Dia menjadi salah satu tokoh kunci di balik pengembangan Bukopin Bisnis Konsumer, mendirikan Bukopin Prioritas, terlebih lagi ketika ia menjabat Liabilities Consumer Group II Head, kemudian Area Business Group Head pada 2007.

Karir Rivan di Bank Bukopin berkembang sebagai Kepala Divisi Sales Management pada 2011, Kepala Divisi Dana Komersial pada 2012, General Manager Pengembangan Bisnis pada 2014, dan General Manager Bisnis Konsumer pada 2017.

Dari jabatan-jabatan yang dipegangnya, Rivan dikenal memiliki kreatifitas tinggi dan berpengalaman memegang tanggung jawab mulai pertumbuhan penghimpunan dana individu, korporasi maupun institusi, kredit, hingga fee based income, pengembangan produk dana, kredit dan transaksi hingga penjualannya, sehingga pertumbuhan operasional kartu kredit dan kredit consumer. Selain Bukopin Prioritas, banyak produk consumer yang lahir dari besutannya diantaranya Siaga Premium, Bukopin Memang Woke, B Tunai, Bukopinet, Mobile Banking, Mars Bukopin, Sosmed Bukopin Siaga, Web Bukopin, hingga Wokeezzy.

Karena pengalaman dan perannya yang besar dalam pengembangan bisnis konsumer dan wealth management Bank Bukopin, pemegang saham mengangkat peraih magister bidang hukum dari Universitas Pelita Harapan ini sebagai Direktur Konsumer pada januari 2018. Direktorat Konsumer yang dipimpinnya menjadi penopang penting bagi Bank Bukopin untuk berhasil menjaga kondisi likuiditas melalui pengelolaan pertumbuhan antara kredit dan dana ritel yang seimbang. Selain berkontribusi meningkatkan DPK Ritel, Direktorat Konsumer yang dipimpinnya berhasil meningkatkan porsi dominasi terhadap dana pihak ketika (DPK) Ritel pada Bank Bukopin pada 2019. (Karnoto Mohamad)

Dwitya Putra

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

4 hours ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

4 hours ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

5 hours ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

5 hours ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

5 hours ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

5 hours ago