Ekonomi dan Bisnis

Rilis Gojek Swadaya, Mitra Driver Kini Bisa Pinjam Dana hingga Rp15 Juta

Jakarta – Gojek, penyedia layanan on-demand dari Grup GoTo (GOTO), terus memperluas manfaat program Gojek Swadaya. Kali ini, di bawah payung Swadaya Finansial, mitra driver Gojek dapat memanfaatkan beragam layanan keuangan seperti GoPay Pinjam untuk memenuhi beragam kebutuhan. 

Dirancang khusus untuk mitra driver sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan harian mitra, Gojek Swadaya memberikan kemudahan melalui program cicilan harian pada produk GoPay Pinjam. 

Mitra driver dapat mengakses GoPay Pinjam dengan limit pinjaman hingga Rp 15.000.000 yang dapat dicicil harian. Pemberian pinjaman disesuaikan dengan profil risiko dan kemampuan membayar kembali masing-masing mitra driver.

Head of Regions Gojek Gede Manggala mengatakan, kesejahteraan mitra driver dan keluarga dalam jangka panjang selalu menjadi prioritas pihaknya ketika merancang program dan inovasi.

Baca juga: Paket Langganan Gojek Plus Meluncur, Pengguna Bisa Hemat Rp24,8 Juta

Ia mengatakan, berdiri di bawah program Gojek Swadaya, Swadaya Finansial merupakan salah satu inisiatif dari berbagai upaya meningkatkan akses keuangan yang inklusif dan terpercaya untuk seluruh mitra perusahaan. 

“Dengan program ini, kami berharap mitra driver Gojek bisa terhindar dari pemberi kredit ilegal dan dapat menggunakan  produk ini untuk memenuhi kebutuhan dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Berbagai program komprehensif untuk mitra ini mencerminkan semangat Gojek berjuang untuk Indonesia dengan menargetkan ‘Nol Hambatan’ demi pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia,” katanya, dikutip Senin, 8 Juli 2024.

Tak hanya menghadirkan layanan finansial untuk mitra driver, Gojek dan GoTo Financial menggelar edukasi finansial pada Juni 2024 sebagai bekal mitra driver untuk memanfaatkan ragam produk finansial dalam Program Gojek Swadaya. 

Baca juga: Gojek-Grab Diimbau Bayar THR ke Driver Ojol, Begini Respons Serikat Pekerja

Pelatihan diikuti oleh lebih dari 1.000 mitra pengemudi Gojek di seluruh Indonesia secara daring. Edukasi finansial tersebut bekerja sama dengan platform literasi keuangan BigAlphaID yang memberikan materi perencanaan keuangan untuk mitra driver, termasuk bagaimana tetap bijak dan aman dalam mengelola pinjaman.

Selain itu, Gojek juga rutin memberikan pelatihan secara tatap muka dan daring melalui fitur Tips Pintar yang telah diakses sebanyak lebih dari 14 juta kali oleh hampir 1 juta mitra driver per 2023. 

“Perencanaan keuangan sangat diperlukan khususnya bagi mitra driver yang penghasilannya tidak tetap agar tidak lebih besar pasak daripada tiang. Saya sering mendapat pertanyaan boleh atau tidak mengajukan pinjaman, jawabannya boleh, asalkan digunakan untuk membeli aset produktif bukan hanya konsumtif, membeli pengeluaran pokok, digunakan ketika jatuh sakit, maupun untuk modal usaha. Perlu diketahui, total cicilan tidak dianjurkan melebihi dari 35% pendapatan untuk menghindari keuangan yang tidak sehat,” jelas Farizy Yunaz, CFP, Perencana Keuangan Bersertifikat.

Untuk memberikan rasa aman kepada mitra driver dan keluarganya, produk GoPay Pinjam menawarkan informasi yang transparan, memberikan pinjaman berdasarkan kemampuan meminjam pengguna, serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Gojek juga bekerja sama dengan tim ahli inklusi keuangan independen dari Consultative Group to Assist the Poor (CGAP) oleh Bank Dunia sejak 2022 dalam menghadirkan sistem penilaian kelayakan kredit mitra pengemudi (Driver Credit Scoring) sehingga produk pinjaman yang diberikan bersifat non-predatory atau tidak menjebak. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

2 hours ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

3 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

10 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

11 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

24 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

1 day ago