Moneter dan Fiskal

RI Siap Anggarkan Rapat Tahunan IMF-WB Hingga Rp810 Miliar

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) siap mengalokasikan dana sebesar Rp810 miliar untuk membiayai penyelenggaraan Annual Meeting International Monetary Fund (IMF)-World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali.

“Indonesia menganggarkan Rp810 miliar yang berasal dari pemerintah sekitar Rp672 miliar dan BI Rp137 miliar. Ini lebih kecil dibandingkan yang baru saja menjadi host, seperti Peru di Lima, bahkan di Tokyo pada 2012,” ujarnya di Gedung Parlemen Jakarta, Rabu, 4 Oktober 2017.

Asal tahu saja Pada Oktober 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali. Acara ini akan mempertemukan pimpinan anggota bank sentral, menteri keuangan dan pembangunan, eksekutif sektor swasta dan lembaga masyarakat sipil.

Menurutnya, dana sebesar Rp672,59 miliar dari pemerintah telah dianggarkan melalui RAPBN 2018. “Annual Meeting itu di bawah koordinasi Menko Luhut (Menko Kemaritiman, Luhut B Panjaitan). Namun, pos anggarannya di Kemenkeu ada pada Sekretariat Jenderal,” ucapnya.

Lebih lanjut Sri Mulyani mengungkapkan, bahwa sebagian besar anggaran untuk meeting requirement, yakni penetapan dari vendor dari dalam negeri. “Ini untuk meeting room setup dan office equipment. Ini semuanya vendor dalam negeri,” paparnya.

Dirinya membandingkan, pada penyelenggaraan annual meeting IMF-World Bank sebelumnya, tuan rumah Singapura (2006) menghabiskan dana sebesar Rp994,4 miliar dalam bentuk government spending. “Itu ditanggung oleh Kemenkeu dan bank sentralnya,” jelas dia.

Selain itu, tambah dia, penyelenggaraan di Istanbul, Turki (2009) biaya yang dikeluarkan untuk membangun site meeting, ada construction cost sebesar Rp1,25 triliun. “Kalau dibanding Indonesia, ini dua kali lipat. Ini baru construction cost-nya saja,” tegasnya.

Sedangkan, pelaksanaan di Lima, Peru (2015) biayanya mencapai Rp2,29 triliun. “Ini adalah lagi-lagi construction cost. Karena, mereka khusus membangun convention center yang dipakai untuk IMF-WB maupun aktivitas lain host country-nya,” tutup Sri Mulyani. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

DANA Hadirkan Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM, Begini Caranya

Jakarta – Pelbagai cara dilakukan dompet digital, DANA dalam meningkatkan kapabilitas untuk menjangkau pengguna di… Read More

17 mins ago

BUMA Raih Perpanjangan Kontrak Rp107,8 Triliun dari Bayan Group

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) sebagai anak usaha utama dari PT Delta… Read More

2 hours ago

KB Bank Terbitkan Obligasi Global Perdana 300 Juta Dolar AS

Jakarta – PT Bank KB Bukopin Tbk atau KB Bank (BBKP) telah resmi menyelesaikan penentuan harga… Read More

3 hours ago

Bank BJB Gelar Kejuaraan Nasional Baseball Softball Salman Al Farisi III

Jakarta - Bank BJB berkomitmen terhadap pengembangan olahraga di kalangan generasi muda agar mendorong lahirnya… Read More

4 hours ago

Melesat 129,1 Persen, Laba Bersih Sunindo Pratama jadi Segini di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Sunindo Pratama Tbk (SUNI) kembali melanjutkan tren positif di kuartal III 2024… Read More

4 hours ago

DPR Optimistis Target Ekonomi 8 Persen Bisa Terealisasi

Jakarta – Pimpinan Komisi XI DPR RI optimis target pertumbuhan ekonomi 8 persen yang dicanangkan Presiden… Read More

5 hours ago