Ekonomi dan Bisnis

RI Harus Bersaing di Industri Halal dan Menjadi Pemain di Global

Jakarta – Indonesia dianggap memiliki potensi sebagai pasar halal dengan jumlah 87% dari total populasi yang merupakan penduduk muslim. Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin pun mendorong pelaku usaha di Indonesia agar bisa menjadi pemain di industri halal dunia.

Berdasarkan catatannya, pada 2018, Indonesia membelanjakan USD214 miliar untuk produk halal atau mencapai 10% dari pangsa produk halal dunia. Ini merupakan jumlah konsumen terbesar dibandingkan dengan negara-negara mayoritas muslim lainnya.

Namun, kata dia, Indonesia masih melakukan banyak impor produk-produk halal dari luar. Padahal, Indonesia memiliki peluang sangat besar dalam melakukan ekspor. “Indonesia selama ini hanya menjadi konsumen dan tukang stempel untuk produk halal yang diimpor,” ujar Ma’ruf dalam webinar di Jakarta, Sabtu, 24 Oktober 2020.

Pasar halal global memiliki potensi yang sangat besar. Pada 2018, konsumsi produk pasar halal dunia mencapai USD2,2 triliun dan diperkirakan akan terus berkembang mencapai USD3,2 triliun pada 2024. “Kita harus memanfaatkan potensi pasar halal dunia ini dengan meningkatkan ekspor kita yang saat ini baru 3,8% dari total pasar halal dunia,” ucapnya.

Sementara berdasarkan laporan Global Islamic Economic Report di 2019, Brazil merupakan eksportir produk makanan dan minuman halal nomor satu di dunia dengan nilai mencapai USD5,5 miliar yang disusul oleh Australia dengan nilai USD2,4 miliar.

Menurut The State of Global Islamic Economy Report 2019/2020, pengeluaran konsumen muslim dunia untuk makanan dan minuman halal, pariwisata ramah muslim, halal lifestyle, serta farmasi halal mencapai USD2,2 triliun pada 2018, dan diproyeksikan akan mencapai USD3,2 triliun pada 2024.

“Tentunya hal ini merupakan potensi yang sangat besar yang harus dimanfaatkan peluangnya oleh Indonesia dengan memenuhi kebutuhan global melalui ekspor produk halal dari Indonesia,” paparnya.

Untuk itu, tambah dia, Indonesia haru serius dalam menjadikan Indonesia sebagai produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia. “Dengan segala sumber daya yang dimiliki, saya percaya Indonesia memiliki peluang yang besar sebagai negara produsen dan pengekspor produk halal terbesar di dunia,” tutupnya. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

8 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

8 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

8 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

11 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

12 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

13 hours ago