RI Diklaim jadi Ekosistem Keuangan Syariah Terbaik di Dunia

RI Diklaim jadi Ekosistem Keuangan Syariah Terbaik di Dunia

RI Diklaim jadi Ekosistem Keuangan Syariah Terbaik di Dunia
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Dari sisi keuangan syariah, Indonesia menduduki puncak sebagai negara dengan ekosistem keuangan syariah terbaik. Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan ini terutama karena Indonesia memiliki sektor keuangan sosial syariah yang paling dinamis di antara negara lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh Juda Agung, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), secara virtual, Jumat, 1 April 2021. menurutnya, kapabilitas dan kapasitas Indonesia dalam menggarap pasar halal, mulai dari sektor makanan, fashion muslim, hingga keuangan syariah semakin menjadi peluang bagi Indonesia untuk menjadi pemain inti dalam ekonomi syariah (eksyar) global.

“Indonesia menjadi pasar konsumen halal terbesar di dunia. Selain itu, brand ternama tanah air seperti Indofood, Garudafood, Mayora, Kalbe, Kimia Farma memiliki potensi untuk menjadi pemain global,” katanya.

Namun demikian, Juda menambahkan, beberapa tantangan kedepan pun harus dapat dihadapi secara bersama-sama, antara lain menyangkut dorongan terhadap ekspor halal dan instrument keuangan syariah yang masih terbatas. “Indonesia masih berada di peringkat 9 dari supplier produk halal di dunia,” tambahnya.

Juda menyatakan, ekonomi syariah dapat menjadi new source of growth pertumbuhan ekonomi kedepan. Berdasarkan Indonesia Halal Market 2021/2022 melaporkan bahwa dengan mendorong pertumbuhan ekspor produk halal, Foreign Direct Investment (FDI) dan subsitusi impor Indonesia berpotensi meningkatkan PDB nasional.

“Peningkatan tersebut hingga mencapai USD5,1 miliar,” tutupnya. (*) Ayu Utami

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]