Internasional

Resmi! Swedia Jadi Anggota NATO ke-32

Jakarta – Swedia resmi masuk menjadi anggota ke-32 Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) di Washington DC, Amerika Serikat (AS) pada Kamis, 7 Maret 2024.

Secara simbolik, Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson menyerahkan dokumen keanggotaan kepada AS, sebagai salah satu negara pendiri NATO.

“Ini adalah langkah besar tetapi, pada saat yang sama, langkah yang sangat alami,” kata Kristersson di Departemen Luar Negeri AS, seperti dikutip AFP, Kamis (7/3).

Baca juga : NATO Kecam Senjata Nuklir Statis Berbahaya Rusia

“Ini adalah kemenangan bagi kebebasan hari ini. Swedia telah membuat pilihan bergabung dengan NATO yang bebas, demokratis, berdaulat, dan bersatu,” tambahnya.

Diketahui, bergabung Swedia menjadi anggota NATO setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 2022 yang memaksa Swedia memikirkan kembali kebijakan keamanan nasionalnya. 

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken menyebut, masuknya Swedia akan membuat NATO menjadi lebih aman. NATO adalah aliansi pertahanan paling kuat dalam sejarah dunia.

“Kini kami memastikan keamanan warga negara kita sama pentingnya dengan 75 tahun yang lalu, ketika aliansi ini dibentuk dari puing-puing Perang Dunia II,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: NATO Berencana Ekspansi ke Asia Pasifik, Ini Tanggapan Putin

Bergabungnya Swedia menjadi anggota NATO jelas akan memberikan sejumlah manfaat. Salah satunya, tiap serangan yang menimpa Swedia akan dianggap sebagai serangan untuk semua anggota NATO.

Terakhir kali, NATO berisi 31 negara anggota yang tergabung di dalamnya. Antara lain Albania, Belgia, Bulgaria, Kanada, Kroasia, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Montenegro, Belanda, Makedonia Utara, Norwegia, Polandia, Portugal, Rumania, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Turki, Inggris dan AS. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Bos OJK: Konsep IKN Financial Center Berbeda dengan Aktivitas Keuangan Lain

Balikpapan - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar membeberkan konsep pembangunan IKN Financial Center (pusat keuangan)… Read More

26 mins ago

Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Banten - Bank Mandiri kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dengan melangsungkan groundbreaking… Read More

48 mins ago

Apa Kabar Anti Scam Center? Ini Jawaban OJK

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap alasan ‘molornya’ peluncuran Anti Scam Center (ASC) sebagai… Read More

2 hours ago

Awal Oktober 2024, Aliran Modal Asing Rp570 Miliar Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di awal pekan Oktober 2024, aliran modal asing masuk atau capital… Read More

2 hours ago

Di Tengah Isu Divestasi ANZ-Gunawan, Begini Laju Saham Panin Bank

Jakarta - Pemegang saham substansial PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau Bank Panin, yakni… Read More

2 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Turun 2,61 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.531 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan data perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)… Read More

3 hours ago