Nasional

Resmi jadi Ketum PSI, Segini Kekayaan Kaesang Pangarep, Presiden Jokowi Lewat!

Jakarta – Secara mengejutkan, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Solodaritas Indonesia (PSI).

Pengumuman Kaesang sebagai Ketum PSI digelar di acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI, yang dihadiri 38 Ketua DPW PSI dan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie di Jakarta, Senin, 25 September 2023.

Dalam pidato pertamanya, Kaesang menyebutkan bahwa Partai PSI adalah kapal besar yang berlayar dan yakin bahwa partai yang dipimpinnya mampu melewati berbagai tantangan di depan mata.

“Kalau disebut kapal besar ya, tapi kita akan menuju ke sana. Saya yakin dan optimis, arus gelombang akan berpihak kepada kita, anak muda,” kata Kaesang dikutip 26 September 2023.

Baca juga: Intip 5 Sumber Kekayaan Irwan Mussry, dari Jam Tangan hingga Kuliner

Kekayaan Kaesang Pangarep

Jauh sebelum terjun di dunia politik, Kaesang merupakan salah satu pengusaha yang sukses. Merangkum berbagai sumber, Kaesang ditaksir memiliki harta kekayaan mencapai lebih dari Rp92,2 miliar pada 2021.

Harta kekayaan tersebut bahkan mengalahkan ‘sang bapak’ Presiden Jokowi. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 17 Maret 2023, harta kekayaan Jokowi tercata mencapai Rp82 miliar.

Kaesang diketahui telah membeli saham PT Panca Mitra Multiperdana sebesar 8 persen dengan angka transaksi Rp92,2 miliar. Angka tersebut di luar dari jumlah kepemilikan saham di klub bola Persis Solo.

Angka tersebut juga bisa saja bertambah dengan aset-aset usaha atau UMKM yang dimiliki Kaesang. Adapun, bisnis yang dijalankan Kaesang terdiri dari berbagai sektor, namun kebanyakan memang berkecimpung di makanan dan minuman.

Ada bisnis Sang Pisang, Mangkok Ku, Ternak Kopi, Siap Mas, Chili Pari, Markobar, Goola, hingga ternak lele yang tersebar di seluruh kota-kota besar Indonesia.

Tak hanya kuliner, Kaesang juga sudah merambah bisnis clothing line dengan brand Sang Javas. Kemudian, aplikasi digital Madhang, yakni aplikasi yang memudahkan pelaku usaha untuk memasarkan produk makanan buatan mereka tanpa harus memiliki warung atau toko.

Lalu, bidang saham. Kaesang punya sebuah platform bernama Saham Rakyat. Platform belanja saham pertama di Indonesia ini menawarkan berbagai kemudahan bagi Warga Cuan (sebutan pengguna Saham Rakyat).

Baca juga: Tujuh Bisnis Raffi Ahmad Bangkrut, Tinggal Segini Harta Kekayaannya Sekarang?

Ada juga bidang hiburan, yakni Hompimpa Gamers, produk ini merupakan game papan dengan membawa pesan toleransi dan budaya Indonesia.

Kesuksesannya menjalankan roda bisnis tersebut, membuat Kaesang masuk ke dalam 40 daftar Tokoh Muda Berpengaruh di Indonesia versi Fortune 2023 di sektor bisnis. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Jumlah SID Naik, BEI Gaspol Tingkatkan Keaktifan Investor di Pasar Modal

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, jumlah single investor identification (SID) menembus 14 juta per… Read More

46 mins ago

Generali Indonesia Beri Perlindungan Asuransi bagi 6.000 Pelari di PLN Electric Run 2024

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) terus mendukung berbagai kegiatan yang mempromosikan kesehatan… Read More

2 hours ago

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

8 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

9 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

22 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

23 hours ago