Resmi Jabat Menteri BUMN, Ini Profil Erick Thohir

Jakarta – Erick Thohir resmi ditunjuk oleh Presiden Jokowo untuk menjadi Menteri BUMN yang baru untuk Periode 2019-2024 menggantikan nama Rini Soemarno. Pengusaha berusia 49 tahun tersebut dinilai berkompeten membenahi struktur Kementerian BUMN kedepan.

Presiden Jokowi dalam pengenalan jajaran menteripun menyampaikan tugas dari Menteri BUMN yang baru ialah meningkatkan kinerja BUMN dalam lima tahun kedepan.

“Membangun BUMN, ekspansi ke pasar global, itu ada di beliau,” sebut Jokowi saat mengumumkan jajaran kabinet, di Istana Negara, Rabu 23 Oktober 2019.

Tugas besar tentu saat ini berada dipundak Erik untuk memimpin Kementerian BUMN. Sebagai informasi saja, pagu anggaran yang telah disiapkan Pemerintah untuk Kementerian BUMN adalah  sebesar Rp 345,8 miliar pada 2020. Diharapkan dengan keahliannya di dunia usaha mampu membawa BUMN lebih baik lagi.

Erick Thohir memang telah malang-melintang di dunia usaha. Keahliannya di dunia usaha nampaknya terbina dari ayahnya yakni Teddy Thohir salah satu pemilik Astra International.

Erick sendiri merupakan pendiri Mahaka Group yang membawahi Harian Republika, JakTV, stasiun radio GEN 98.7 FM, Prambors FM, Delta FM, dan FeMale Radio. Hobinya dalam olah raga juga membuatnya memiliki saham di klub sepak bola Amerika, D.C. United dan juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Di kancah nasional, Pria ini juga pernah dipercaya Presiden Jokowi untuk menjadi Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) pada 2018. Tak hanya itu, dirinya juga sempat menjadi Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf pada Pemilu 2019. (*)

Editor: Rezkiana Np


Suheriadi

Recent Posts

Dukung Ekosistem Syariah, CIMB Niaga Kembali Gelar Haya Festival 2024

Jakarta - Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) kembali menyelenggarakan… Read More

2 hours ago

Memahami Pelonggaran Kebijakan Moneter The Fed

Oleh Ryan Kiryanto, Ekonom Senior dan Associate Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia MOMEN presentasi tiga… Read More

2 hours ago

BCA Digital Belum Ingin Keluarkan Produk Paylater: Kami Fokus Bantu Kelola Keuangan

Jakarta - Produk buy now pay later (BNPL) atau paylater mulai digandrungi oleh pelaku industri… Read More

2 hours ago

Bos BRI Kasih Bocoran Laba Bersih Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memproyeksikan laba bersih di kuartal III… Read More

2 hours ago

LPEI Dorong UMKM ‘Naik Kelas’ di TEI 2024, Berikut Daftarnya

Jakarta – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) terus berupaya mendorong pelaku usaha untuk ‘naik kelas’ dan… Read More

2 hours ago

Lanjut Melemah, IHSG Ditutup Terkoreksi Sebanyak 0,74 Persen

Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Rabu, 9 Oktober 2024, ditutup… Read More

3 hours ago