Resiliensi Perekonomian Syariah Ditopang Halal Value Chain

Resiliensi Perekonomian Syariah Ditopang Halal Value Chain

Resiliensi Perekonomian Syariah Ditopang Halal Value Chain
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Anwar Basori, Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) mengungkapkan bahwa perekonomian syariah nasional terbukti lebih kuat dibandingkan konvensional. Ia mencontohkan pada saat perbankan umum terkontraksi -2,04% di 2020, perbankan syariah masih tumbuh sekitar 8%.

Menurutnya, resiliensi tersebut ditopang oleh sektor-sektor halal value chain yang ada di Indonesia. Adapun kelima sektor tersebut adalah sektor pertanian terintegrasi, fashion muslim, makanan dan minuman halal, pariwisata halal, serta farmasi dan kosmetik halal.

“Ada 2 sektor yang selalu tumbuh di halal value chain, yaitu halal food dan pertanian. Jadi secara resiliensi dari keuangan syariah cukup luar biasa,” jelas Anwar dalam seminar nasional “Islamic Finance Summit 2021: Driving The Growth of The Halal Industry in The New Normal Ekonomi”, yang diselenggarakan Infobank bekerja sama dengan MES, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Tokoh Syariah, di Yogyakarta, Kamis (30/9).

Selain itu, Anwar mengungkapkan, perkembangan perekonomian syariah di Indonesia juga didukung oleh implementasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang semakin meluas. Hingga September 2021, BI mencatat bahwa sudah ada 10,45 juta merchant yang menggunakan QRIS.

Selain mendigitalisasi pelaku ekonomi, QRIS juga diharapkan dapat memberikan credit scoring kepada tiap merchant berdasarkan dari track record transaksi yang ada. Sehingga akses pembiayaan ke pelaku ekonomi, khususnya yang menerapkan prinsip syariah akan menjadi lebih mudah.

“Penerapan QRIS sangat selaras dengan syariah, yang mana transparan, banyak manfaatnya, saling membantu satu sama lain, feasible, dan mampu memberikan informasi yang clear yang akhirnya memberikan kontribusi pada perekonomian nasional,” ujar Anwar. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]