Reksa Dana Ini Bisa Jadi Solusi Investasi dari Ketidakpastian Market

Reksa Dana Ini Bisa Jadi Solusi Investasi dari Ketidakpastian Market

Jakarta – Pemulihan ekonomi global saat ini tertahan akibat melonjaknya inflasi yang disebabkan oleh disrupsi rantai pasok, ditambah situasi tegang karena invasi Rusia atas Ukraina, sejak akhir Februari 2022, yang mendorong melambungnya harga komoditas.

Berdasarkan pertimbangan situasi tersebut, PT Insight Investments Management (Insight) merekomendasikan  Reksa Dana Pasar Uang Insight Money Syariah (I-Money Syariah) sebagai pilihan investasi berdurasi pendek yang mencatatkan historical return selama 1 (satu) tahun sebesar  4,49%.

“Reksa Dana Pasar Uang I-Money Syariah berfungsi sebagai sarana diversifikasi dan memiliki keunggulan kinerja dibandingkan Infovesta Sharia Money Fund Index yang merupakan benchmarknya,” Ujar Head of Investment PT Insight Investment Management Camar Remoa.

PT Insight Investments Management (Insight) merekomendasikan Reksa Dana Pasar Uang I-Money Syariah) sebagai penempatan investasi pada aset sukuk berdurasi pendek guna menekan dampak negatif dari ketidakpastian dan volatilitas jangka pendek dalam keadaan pasar saat ini.

Adapun pertimbangan kondisi pasar berdasar pada Rusia melakukan invasi atas Ukraina pada tanggal 24 Februari 2022 yang menyebabkan melambungnya harga komoditas dan energi secara global. Rusia sebagai salah satu negara eksportir   terbesar di Eropa pun mendapat sanksi dagang dan ekonomi dari negara Barat.

Isu antara Rusia dan Ukraina berdampak pada volatilitas pasar finansial global yang dapat dilihat dari pergerakan VIX Index yang merepresentasikan expected volatility.  Sepanjang YTD, pergerakan VIX Index mengalami kenaikan seiring memanasnya situasi antara kedua negara.

Per tanggal 28 Februari 2022, level VIX Index mencapai 30,74 yang mengidentifikasikan volatilitas dan tingginya risiko pasar.

Hal lain yang dapat menimbulkan volatilitas pasar adalah potensi ketegangan di Eropa yang semakin meningkat apabila Amerika Serikat dan NATO ikut terjun dalam perang Rusia-Ukraina untuk menekan agresi militer yang ada.

Indonesia terdempak secara ekonomi dengan meningkatnya inflasi pada sektor energi, transportasi, juga pangan dalam negeri karena Indonesia merupakan negara importir minyak dan batubara yang merupakan sumber pembangkit listrik PLN.

Maka berdasarkan kondisi di atas, salah satu instrumen investasi dapat dipertimbangkan oleh para Investor dan cocok dalam kondisi seperti sekarang adalah Reksa Dana Pasar Uang Syariah I-Money Syariah. Reksa Dana ini telah membukukan historical return selama 1 tahun (per Februari 2022) sebesar 4,49% yang melebihi benchmark sebesar 2,80%. Selain itu  I-Money Syariah juga telah tumbuh sebesar 41,40% sejak peluncurannya dan telah melampaui benchmark sebesar 26,54%.

Sehingga, Reksa Dana Pasar Uang I-Money Syariah memiliki indikasi net running yield dimana net rate dengan rate time deposit pada Bank BDP Syariah maupun Bank Buku 3 Syariah, berada di kisaran 2,20% – 2,48% dan 1,40% – 3,60%. Sedangkan, indikasi net running yield pada Reksa Dana I-Money Syariah sebesar 4,00% – 5,00%.

Selain mendapatkan keuntungan dalam investasi, melalui I-Money Syariah, investor turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemanusiaan. Beberapa kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh Insight misalnya pembangunan sumur artesis untuk masyarakat sekitar Kelurahan Kunden Blora, pembangunan asrama panti asuhan di Kelurahan Sidoharjo Wonogiri, Jawa Tengah, dan Program Deteksi Dini Pada Lutut Penyandang Talasemia dan  beragam kegiatan sosial lainnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News