Keuangan

Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Begini Tanggapan AFPI

Jakarta – Ratusan mahasiswa IPB terjerat pinjaman online (pinjol) ilegal beberapa waktu lalu. Menyikapi fenomena itu, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) turut prihatin dan sangat menyayangkan kejadian yang menimpa para mahasiswa tersebut.

AFPI dalam hal ini, akan menelusuri pinjaman online apa yang telah melibatkan para mahasiswa terjerat pinjol dan kemudian nantinya diharapkan asosiasi dapat mengambil langkah-langkah solusi penyelesaian bersama.

“Adapun terkait kasus penipuan yang terjadi, AFPI sepenuhnya menyerahkan penanganan kasus tersebut kepada pihak berwajib. Namun, yang menjadi concern AFPI di sini adalah adanya informasi terkait praktik penagihan yang dibarengi dengan ancaman yang dilakukan oleh debt collector di lapangan,” sebagaimana disampaikan pada statement AFPI dikutip 17 November 2022

Meski begitu, AFPI juga memperkirakan adanya kemungkinan anggota AFPI yang menjadi pemberi pinjaman, serta melakukan praktik penagihan yang tidak sesuai dengan code of conduct yang ada di AFPI dalam kasus ini.

Jika nantinya terdapat anggota AFPI yang terbukti melanggar dalam melakukan praktik bisnisnya, AFPI akan segera memberikan sanksi tegas sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Kemudian, AFPI juga menegaskan bahwa anggota AFPI hanya diperbolehkan untuk mengakses data peminjam berupa CAMILAN (camera, mikrofon, dan location) dan jika ada yang melebihi akses CAMILAN tersebut berarti telah terindikasi sebagai pinjol.

Adapun, kehadiran AFPI bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat yang belum dapat mengakses layanan keuangan yang disediakan oleh lembaga penyedia jasa keuangan lain seperti perbankan atau yang disebut dengan masyarakat unbanked dan underserved. Sehingga, praktik penagihan yang disertai ancaman merupakan sesuatu yang dilarang dan tidak dibenarkan dilakukan oleh anggota AFPI. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

10 mins ago

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen di Akhir 2024

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI mencapai 5,1 persen secara… Read More

26 mins ago

KSSK: Stabilitas Sistem Keuangan RI Masih Terjaga di Triwulan III 2024

Jakarta – Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan bahwa sistem keuangan Indonesia tetap terjaga hingga triwulan III… Read More

42 mins ago

Hari Asuransi 2024, DAI Perluas Edukasi ke Masyarakat soal Inkluasi Keuangan

Jakarta - Dalam memperingati Hari Asuransi setiap tanggal 18 Oktober, Dewan Asuransi Indonesia (DAI) kembali… Read More

42 mins ago

Semangat Perjuangan Yahya Sinwar Melawan Israel, Nyawa jadi Taruhannya

Jakarta – Militer Israel mengeklaim telah membunuh pemimpin politik dan militer Hamas Yahya Sinwar di… Read More

1 hour ago

Trump vs Harris: Siapa yang Memimpin dalam Jajak Pendapat Pilpres AS?

Jakarta - Kampanye pemilu AS telah memasuki minggu-minggu terakhir. Para pemilih bakal menuju tempat pemungutan… Read More

1 hour ago