Pasar Modal

Rapor Perdagangan Saham hingga Nilai Tukar Rupiah Sepekan: Bergerak Positif Berkat Sederet Sentimen Ini

Jakarta – Pada perdagangan pekan lalu (29 April-3 Mei 2024) ada sejumlah faktor, baik dari global maupun domestik yang memengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, pasar obligasi, hingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Salah satu faktornya adalah dari sisi indeks saham AS yang tercatat kompak melanjutkan rebound pada pekan lalu. Ini terlihat dari Dow Jones menguat 1,14 week on week (WoW) dan disusul oleh Nasdaq 0,97 persen WoW, serta S&P 500 +0,55 persen WoW.

Penguatan didorong oleh hasil FOMC pada 30 April-1 Mei 2024 yang menyatakan suku bunga The Fed ditahan pada level 5,25-5,50 persen.

Baca juga: OJK Susun 4 Program Terkait Pengembangan Pasar Modal Indonesia Selama 2024

Kemudian, untuk Non Farm Payroll AS pada April tercatat 175 ribu dari Maret 315 ribu, dengan tingkat pengangguran yang naik 3,9 persen. Data tersebut diperkirakan dapat meningkatkan probabilitas pemangkasan suku bunga The Fed.

Faktor lainnya, inflasi Indonesia per April 2024 tercatat sebesar 3 persen yoy dan inflasi inti 1,19 persen yoy. Inflasi tersebut masih terjaga dalam rentang sasaran 1,5-3,5 persen pada 2024F.

Sementara dari sisi, Harga Batubara Acuan (HBA) per April 2024 ditetapkan naik menjadi USD121,13/t atau naik 10,3 persen MoM, dengan Harga Minyak Mentah Indonesia (ICP) per April ditetapkan sebesar USD87,61/b naik 4,57 persen.

Dari sisi kinerja perbankan, tiga dari empat big banks mengalami normalisasi pertumbuhan laba bersih, dengan Bank Mandiri turun 21 persen quarter on quarter (qoq), Bank BNI turun 3,3 persen qoq, dan Bank BRI turun 1,4 persen qoq. Sedangkan, Bank BCA masih tumbuh 5,4 persen qoq.

Baca juga: Jurus Jitu BI Jaga Ketahanan Ekonomi RI dan Nilai Tukar Rupiah

Berdasarkan hal itu, Syailendra Capital melihat bahwa faktor tersebut berdampak positif terhadap perdagangan saham, obligasi, dan nilai tukar rupiah. Berikut rinciannya:

  • Nilai tukar pupiah atau IDR mampu melanjutkan penguatan terhadap USD pada pekan lalu sebesar 0,77 persen di level Rp16.090/USD
  • Lalu, untuk yield obligasi pemerintah Indonesia tenor 10 tahun atau ID10Y bergerak ke level 6,9 persen, dengan investor asing mencatatkan net buy di SBN sebesar Rp3,75 triliun dan SRBI sebesar Rp1,58 triliun.
  • IHSG juga mengalami penguatan 1,4 persen di pekan lalu ke level 7.134, dengan investor asing mencatatkan net sell senilai Rp5,73 triliun, di mana saham BBRI, BMRI, TLKM, AMMN, dan BBNI paling banyak dilepas asing. (*)

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

5 hours ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

6 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

6 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

8 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

8 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

8 hours ago