Pasar Modal

Rapor IHSG Sepekan: Melemah 0,64 Persen, Kapitalisasi Pasar Jadi Rp11,92 Triliun

Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa data perdagangan saham pada pekan ini, mulai dari 6 hingga 8 Mei 2024 ditutup dengan pergerakan yang bervariasi.

Hal itu tercermin dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mengalami perubahan sebanyak 0,64 persen menjadi berada pada posisi 7.088,79 dari 7.134,72 pada penutupan pekan yang lalu. 

Sekretaris Perusahaan BEI, Kautsar Primadi Nurahmad, menyebutkan kapitalisasi pasar bursa selama sepekan turut mengalami perubahan sebesar 0,81 persen menjadi Rp11,92 triliun dari Rp12,01 triliun pada penutupan pekan lalu. 

Baca juga: OJK Susun 4 Program Terkait Pengembangan Pasar Modal Indonesia Selama 2024

“Rata-rata nilai transaksi harian mengalami perubahan sebesar 20,74 persen yaitu menjadi Rp11.851 triliun dari Rp14.952 triliun pada penutupan pekan yang lalu,” ucap Kautsar dalam keterangan resmi dikutip, 9 Mei 2024.

Sementara itu, selama sepekan rata-rata frekuensi transaksi mengalami kenaikan tertinggi sebesar 3,13 persen menjadi 1.099 juta kali transaksi dari 1.065 juta kali transaksi pada pekan lalu.

Baca juga: Melantai di Bursa, Harga Saham SOLA Naik 30 Persen

Peningkatan tersebut, turut diikuti oleh rata-rata volume transaksi harian selama sepekan yang tercatat sebesar 2,15 persen menjadi 18,99 miliar lembar saham dari 18,59 miliar lembar saham dari penutupan pekan lalu. 

Adapun, pergerakan investor asing pada Rabu kemarin (8/5) mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp1,10 triliun. Sehingga, sepanjang tahun 2024 investor asing telah mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp1,49 triliun. (*)

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

2 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

3 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

3 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

4 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

4 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

5 hours ago