Rangkaian Gelaran Event di Bali Bakal Pulihkan Sektor Pariwisata

Rangkaian Gelaran Event di Bali Bakal Pulihkan Sektor Pariwisata

Kunjungan Wisman ke RI Capai 1,32 Juta Orang di Juni 2018
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Colliers Indonesia, konsultan di bidang properti memproyeksikan keberhasilan rangkaian event yang digelar di Bali akan mampu mendorong sektor pariwisata yang saat ini tengah lesu. Kepala Departemen Riset Colliers, Ferry Salanto menyebut meski belum normal, keberhasilan penyelenggaraan acara di Bali bisa meningkatkan kepercayaan sektor pariwisata.

Ferry mencontohkan, dalam beberapa bulan terakhir, Bali mampu menggelar beberapa acara Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran dalam skala besar, seperti acara bulu tangkis Daihatsu Indonesia Masters, Indonesian Open, dan HSBC BWF World Tour Final. Gelaran acara ini didapuk sukses dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Pada tahun 2022, Bali akan menjadi tuan rumah beberapa event besar, salah satunya di antaranya adalah G20. Ini adalah tantangan, terutama selama pandemi. Sekali lagi, protokol kesehatan akan menjadi perhatian untuk acara ini yang melibatkan kepala negara dari beberapa negara di dunia,” jelas Ferry, 5 Januari 2021.

Hingga November 2021, Colliers mencatat tingkat keterisian bulanan untuk hotel di Bali rata-rata belum mencapai 30%. Angka keterisian pada umumnya bisa mencapai 50% di musim sepi dan dapat mencapai 70%-80% pada saat peak season.

Meskipun demikian, banyaknya kegiatan internasional yang digelar di Bali mulai meningkatkan kinerja perhotelan dan pariwisata. “Implementasi beberapa event besar di tahun 2022 di Bali akan cukup untuk membuka pintu bagi kedatangan internasional dan meningkatkan pariwisata di pulau itu lagi,” ucap Ferry. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]