Ekonomi dan Bisnis

Rahasia Garuda Indonesia Agar Kinerjanya Tak Amblas, Bos Garuda: Harus Berani Tolak Perintah

Jakarta – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (BEI: GIAA) konsisten catatkan kinerja positif yang terefleksikan dalam pertumbuhan pendapatan usaha konsolidasi di tahun kinerja 2023, yang tumbuh sekitar 40 persen atau sebesar USD2,94 miliar dibandingkan dengan pendapatan usaha di tahun sebelumnya yaitu USD2,1 miliar.

Hal ini merupakan salah satu indikator langkah penyehatan kinerja usaha yang terus berjalan on the track.

Pendapatan usaha tersebut didorong dari pendapatan penerbangan berjadwal yang naik 41 persen year on year (yoy) menjadi USD2,37 miliar dari sebelumnya US$1,68 miliar sejalan dengan pergerakan masyarakat yang menggunakan transportasi udara di fase pascapandemi terus bergerak mendekati situasi sebelum pandemi.

Lebih lanjut pada penerbangan berjadwal penumpang sendiri, tumbuh 52 persen dari tahun sebelumnya menjadi USD2,21 miliar.

Selaras dengan penerbangan berjadwal, pendapatan penerbangan tidak berjadwal juga mencatat pertumbuhan hingga 65 persen atau sebesar USD288,03 juta dari tahun sebelumnya yaitu US$174,81 juta, di mana pendapatan penerbangan haji di tahun 2023 menyumbang kenaikan signifikan hingga 145 persen menjadi USD235,17 juta dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu USD92,48 juta. Kemudian, pendapatan lain-lain turut naik 15 persen dari kinerja 2022 menjadi USD270,58 juta.

Baca juga: Begini Strategi Garuda Indonesia Hadapi Tantangan Ekonomi di 2024

Setelah melewati fase yang penuh tantangan di era pandemi beberapa tahun lalu dengan melaksanakan berbagai langkah perbaikan, Garuda Indonesia berhasil membukukan laba tahun berjalan sebesar USD251.996.580 yang semakin memperkuat fundamen positif kinerja usaha Garuda Indonesia pasca merampungkan restrukturisasi di akhir 2022 lalu.

“Sepanjang tahun 2023, Garuda Indonesia Group berhasil mencatatkan kinerja operasional melalui pertumbuhan jumlah angkutan penumpang hingga 34 persen, yakni mencapai 19.970.024 penumpang dibandingkan pada periode sebelumnya 14.848.195 penumpang. Dalam capaian tersebut, Garuda Indonesia berhasil mengangkut penumpang sebanyak 8.291.094 dan Citilink sebanyak 11.678.930 penumpang,” jelas Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dalam keterangan resminya dikutip 7 Mei 2024.

Leadership Irfan Setiaputra

Melihat kinerja salah satu perusahaan maskapai BUMN yang konsisten menunjukkan pertumbuhan positif itu, Sang Nahkoda, Irfan Setiaputra membeberkan beberapa kebijakan yang ia katakan, harus berani diambil demi menjaga kinerja keuangan dan kualitas layanan Garuda Indonesia. Salah satunya, berani menolak jadwal penerbangan baru ke rute-rute yang sepi penumpang.

“Pertanyaannya makin banyak bandara internasional itu sebetulnya semakin mambawa orang asing ke bandara itu atau membawa orang Indonesia ke Singapura? Orang suruh saya terbang ke sini, anda mendirikan bandara internasional tidak diskusi dengan saya, terus saya langsung disuruh terbang. Kalau saya rugi bagaimana, siapa yang bayar,” tegas Irfan ketika ditemui Infobanknews, belum lama ini.

Ia kisahkan bagaimana dirinya beberapa kali menolak ajakan atau instruksi dari sejumlah kepala daerah untuk menjadwalkan penerbangan ke daerah-daerah yang sepi penumpang.

Bahkan, ia meminta kepada pihak-pihak yang menginstruksikannya itu untuk berani membuat surat resmi penugasan kepada Garuda Indonesia untuk menjadwalkan penerbangan rutin ke daerah-daerah sepi penumpang.

Baca juga: Garuda Indonesia dan UOB Kolaborasi Luncurkan Kartu Kredit Khusus Pelancong, Simak Benefitnya!

“Kalau penugasan kirim surat sini, kalau cuman bicara, jawaban saya tidak. Sudah berapa kali itu saya nyatakan, mau itu dari gubernur, bupati, menteri apa, saya bilang tidak. Jika kita rugi, anda nanggung tidak? Sejak kasus PKPU saya belajar, kita harus menjaga juga dong Garuda Indonesia. Tidak bisa juga kita disuruh harus terbang ke sini-sini, kalau menurut anda itu rugi ya jangan terbang,” tegasnya kembali.

Dengan demikian, menurutnya, siapapun pemimpin di Garuda Indonesia perlu mengambil stance atau sikap yang jelas mengenai posisinya. Atau dengan kata lain, jangan takut menghadapi kekhawatiran penggantian direksi bila menolak permintaan yang merugikan korporasi.

“Terus takutnya jika tak terbang, apa? Diganti posisi anda, ya berarti anda yang takut diganti posisinya. Bukan Garuda jadi rugi karena disuruh terbang, anda takut diganti, anda lalu terbang ke tempat yang rugi. Ya salah anda dong kalau gitu, bukan salah menterinya. Makanya, saya bilang tolong bikin surat, kalau rugi itu ditanggung oleh pihak yang menyuruh,” pungkasnya. (*) Steven Widjaja

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

13 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

14 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

14 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

14 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

15 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

16 hours ago