News Update

Ragam Produk UMKM Binaan Yayasan Astra Mejeng di GIIAS 2024

Tangerang – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) kembali hadir di pameran otomotif ternama, yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung pada 18 – 28 Juli.

Dalam pameran GIIAS 2024, Astra menunjukkan kontribusinya untuk UMKM Indonesia dengan menampilkan berbagai produk UMKM mulai dari industri manufaktur, kerajinan & kuliner, pertanian hingga program pembinaan untuk UMKM bengkel roda 4.

Ketua Pengurus YDBA, Rahmat Samulo mengatakan, komitmen Astra melalui YDBA dalam pembinaan UMKM di Indonesia, dilakukan dengan adanya pendampingan yang intens, sehingga mampu mendorong UMKM untuk naik kelas dan mandiri.

“Tahun ini Astra melalui YDBA tengah melakukan pembinaan kepada 1.328 UMKM aktif. Dalam proses pembinaannya, YDBA menekankan dan mendorong UMKM untuk memiliki mentalitas yang baik dan mampu menciptakan nilai tambah atau value added dalam bisnisnya,” jelas Rahmat dalam keterangan resmi dikutip 21 Juli 2024.

Baca juga: Kerahkan 10 Unit Bisnis, Astra Financial Bidik Transaksi Rp2,8 Triliun di GIIAS 2024

Di ajang GIIAS 2024, Astra menampilkan kontribusinya dengan menunjukkan replika kendaraan roda 4 yang didukung oleh 67 komponen yang diproduksi oleh 27 UMKM binaan YDBA.

Dari 67 komponen tersebut, terdapat 6 komponen yang mendukung kendaraan listrik. Di industri kendaraan roda dua, Astra juga menampilkan 30 komponen yang diproduksi oleh 20 UMKM binaan YDBA.

Komponen yang berhasil masuk ke dalam rantai pasok kendaraan roda dua tersebut merupakan hasil dari kolaborasi YDBA bersama PT Astra Honda Motor (PT AHM), Kementerian Perindustrian RI dan KADIN Indonesia.

Kemudian, YDBA juga turut menunjukkan pembinaan yang dilakukannya kepada UMKM bengkel roda 4. Tujuan dari pembinaan tersebut adalah menciptakan bengkel umum yang profesional dan berstandar.

Astra melalui YDBA mendorong UMKM bengkel untuk menjalankan standar pelayanan bengkel, mulai dari maintenances reminder & appointment activities, penerimaan unit yang akan di-service, perbaikan, penyerahan serta post service & follow up.

Saat ini, UMKM Bengkel yang dibina Astra melalui YDBA tersebar di beberapa daerah dan tergabung dalam komunitas, yaitu Himpunan Bengkel Binaan YDBA (HBBA). HBBA sendiri tersebar di beberapa wilayah, antara lain HBBA Jabodetabek, HBBA Jawa Timur & Bali, HBBA Yogyakarta dan HBBA Banyumas Raya.

Baca juga: Sandiaga Uno Sebut AKI 2024 Bakal Dongkrak Omzet UMKM

Tak hanya manufaktur dan industri bengkel saja, YDBA juga turut membina UMKM kuliner dan kerajinan serta pertanian. Dalam pameran GIIAS kali ini, Astra menghadirkan produk dari komunitas UMKM Kuliner, yaitu Koperasi Mamere, Poklahsar (Kelompok Olahan dan Pemasaran) Jaya Bersama dan Koperasi OKUSA (Olahan Kuliner Sangatta).

Di industri kerajinan, Astra melalui YDBA juga menghadirkan berbagai produk UMKM, mulai dari aksesoris hingga fashion.

Lalu, di bidang pertanian, UMKM binaan YDBA menampilkan produk turunan hasil budidaya petani, antara lain serbuk jahe merah dari Lebak Banten, produk roll on dan aromaterapi dari petani serai wangi di Bantul dan Lebak, serta produk mete dan vanili yang dihasilkan petani di Manggarai Barat, NTT. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

1 hour ago

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas dalam Serangan Israel

Jakarta – Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dikabarkan tewas dalam serangan yang dilancarkan militer Israel di… Read More

1 hour ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

2 hours ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

2 hours ago

Bank Mega Syariah Umumkan Pemenang Program Berkah Berlimpah Mega Syariah Tahap Tiga

Jakarta – Bank Mega Syariah mengumumkan sebanyak 71 nasabah beruntung terpilih sebagai pemenang program Berkah Berlimpah Mega… Read More

2 hours ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

3 hours ago