Nasional

Raffi Ahmad Disebut Terlibat Kasus Rafael, Hotman Paris Pasang Badan

Jakarta – Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea pasang badan membela Raffi Ahmad yang namanya belakangan ramai diperbincangkan sebagai artis berinisial ‘R’ yang diduga terlibat gratifikasi mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo.

Dalam akun resmi Instagram @hotmanparisofficial dirinya mengatakan telah melakukan klarifikasi langsung isu tersebut kepada Raffi Ahmad.

Secara tegas, Hotman menyebut artis Raffi Ahmad tidak mempunyai hubungan apapun termasuk dengan bisnis milik Rafael Alun.

“Berita hoax tentang keterlibatan Raffi Ahmad dengan pejabat pajak Rafael Alun yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK semakin melebar. Saya sudah telepon Raffi Ahmad dan dikatakannya tidak mengenal Rafael. Tidak ada hubungan bisnis sama sekali,” ujar Hotman, diunggah Minggu, 2 April 2023.

Baca juga: Tiba di KPK, Rafael Diperiksa Sebagai Tersangka Kasus Gratifikasi

Dirinya pun memberikan pandangan secara hukum bagaimana cara menghadapi isu yang tengah menerpa sahabatnya Raffi Ahmad agar bisa melewati hal tersebut.

 “Nasehat saya kepada Raffi Ahmad gunakan gaya Hotman Paris, 3A yakni amati dengan mengumpulkan bukti-bukti, analisa dan yang ketiga adalah attack atau serang secara hukum,” jelasnya, dikutip Senin, 3 April 2023.

Menurutnya, nasihat hukum yang disampaikan kepada Raffi Ahmad merupakan langkah yang serupa dilakukan dirinya sebagai pengacara dalam menyikapi seluruh fitnahan yang menimpa dirinya.

“Tidak ada alasan bagi kami untuk takut pada musuh-musuh, tidak ada alasan, kecuali memang kalau kami melakukan kesalahan,” tegasnya.

Sebelumnya, Indonesia Audit Watch (IAW) menduga adanya keterlibatan puluhan nama artis serta grup band Tanah Air yang terlibat pada kasus Rafael Alun

Sekretaris Pendiri IAW Iskandar Sitorus mengatakan, kasus yang sedang ditangani lembaga antirasuah baru sebagai permulaan atau entry point.

“Yang diperiksa KPK itu baru entry, kalau diaudit itu baru permulaan.” katanya dikutip Senin, 3 April 2023.

Artinya, kata dia, setelah kasus tersebut, tersangka Rafael terkonsolidasi dengan yang disebut korporasi yang bergerak di bidang konstruksi dan beberapa bidang lain. Itulah yang sampai menyasar ke artis inisial R tersebut.

Sementara itu, Rafael Alun Trisambodo tiba di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini pada Senin, 3 April 2023.

Dirinya datang untuk memenuhi panggilan pemeriksaan KPK sebagai tersangka dugaan gratifikasi pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak Kemenkeu tahun 2011-2023 senilai puluhan miliar rupiah.(*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

IHSG Ditutup Menguat, 5 Saham Ini Jadi Penopang

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami peningkatan sebesar 0,33 persen di… Read More

2 hours ago

Rapor IHSG Sepekan: Naik 0,33 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.532

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa data perdagangan saham pada pekan ini,… Read More

2 hours ago

Rp2,84 Triliun Modal Asing Keluar RI pada Pekan Kedua Oktober 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat pada minggu kedua Oktober 2024 terjadi aliran modal asing… Read More

3 hours ago

Perkuat Kerja Sama Bareng Kampus, CIMB Niaga Buka Digital Lounge di Malang

Jakarta -  PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus memperkuat kerja sama dengan berbagai kampus… Read More

5 hours ago

Berkat Kontribusi bagi Keberlanjutan Lingkungan, Ramon Armando Raih Penghargaan Kreatif di IDeaward 2024

Jakarta – Sebagai sosok yang dikenal di bidang keberlanjutan, Ramon Armando tak hanya memikirkan strategi… Read More

5 hours ago

Inovasi Duo Mahasiswa ITS, Sulap Limbah Minyak Bumi jadi Energi Listrik

Jakarta – Duo mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil menyulap limbah minyak… Read More

6 hours ago