News Update

Punya Potensi Ekonomi, Bos Bank Sumut: Pisang Kepok Nias Harus Dikembangkan

Jakarta – Kepulauan Nias, Sumatera Utara (Sumut) terkenal dengan budaya dan kekayaan alam. Salah satu produk unggulan di daerah ini adalah pisang kepok Nias. Komoditas ini punya potensi untuk dikembangkan sehingga mampu mendorong perekonomian setempat.

Potensi tersebut juga menjadi perhatian PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumut atau Bank Sumut. Bank yang dipimpin Babay Parid Wazdi sebagai direktur utama ini baru saja membuka Demplot Baru Gerakan Tanam Pisang Kepok Nias (Getapin) di Kecamatan Luahagundre Kabupaten Nias Selatan, Rabu, 9 Oktober 2024.

“Sebelum meluncurkan gerakan tanam pisang ini, kita melakukan riset terlebih dahulu dengan berkeliling di lima Kabupaten Kota di Pulau Nias ini dan berdiskusi dengan para Bupati dan Sekda dengan menyerap aspirasinya dan juga melihat potensi yang bisa dikembangkan dengan lebih cepat,” ujar Babay dikutip 10 Oktober 2024.

Menurut Babay, pisang kepok Nias bisa dikembangkan karena keunikannya dari pisang sejenis di daerah lain.

“Kesimpulannya, pisang (Kepok) Nias ini bisa kita kembangkan untuk mendorong perekonomian di Nias ini akan lebih cepat dibanding tanaman lainnya. Tanaman Pisang (kepok) Nias merupakan tanaman endemic dengan ciri kas tersendiri, yakni rasanya lebih manis dengan kepok lainnya, warnanya lebih kuning terus teksturnya lebih kenyal dan digemari masyarakat di luar kepulauan Nias,” jelas Babay.

Baca juga: Gencarkan Program Sumut Martabe, Bank Sumut Perkenalkan Pisang Nias di Indo Agrotech Expo

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Sumut Teluk Dalam Oktavianus Telaumbanua mengatakan bahwa kegiatan Getapin merupakan peran dari Bank Sumut yang konsisten mendukung pembangunan pedesaan.

“Sebagai bukti nyata Bank Sumut terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Bank Sumut akan melaksanakan berbagai kegiatan yang akan mendukung visi tersebut salah satunya turut melakukan pembangunan pedesaan,” kata dia.

“Untuk itu, Bank Sumut mencanangkan Martabe Sumut, yaitu Mari Tingkatkan Aksi Bangun Desa di Sumatera Utara,” tambah Oktavianus.

Oktavianus mengungkapkan bahwa Kepulauan Nias merupakan penghasil pisang kepok yang berkualitas dan telah dipatenkan sebagai milik masyarakat Nias.

“Nias merupakan penghasil pisang kepok dengan kualitas pisang yang lebih baik dari jenis pisang kepok lainnya, terlebih lagi pisang kepok Nias telah telah dipatenkan di Kemenkumham RI dan telah medapatkan label indikasi geografis yang menyatakan pisang Kepok Nias merupakan kekayaan miik masyarakat Nias,” ungkap dia.

Baca juga: Beri Kuliah Umum di USU, Bos Bank Sumut Beberkan Kriteria Pemimpin yang Sukses dan Efektif

Kemudian, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Bank Sumut yang telah memberikan perhatian dan edukasi kepada masyarakat Nias Selatan melalui program Getapin.

Kegiatan Getapin ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Nias Selatan untuk menanam pisang mengingat peluang bisnisnya menjanjikan jika dikelola dengan baik.

Getapin sendiri merupakan bagian dari program Martabe Sumut. Tujuannya tak sekadar memberikan edukasi yang komprehensif tentang budidaya pisang yang efektif, tetapi juga mempertimbangkan peluang dan prospek ekonomi yang signifikan ke depannya. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Perluas Akses Investasi, Kini Growin’ by Mandiri Sekuritas Hadir di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Growin’ by Mandiri Sekuritas kini hadir di aplikasi Livin’ by Mandiri sebagai langkah… Read More

2 hours ago

Pergerakan Bitcoin Pekan Ini Bakal Dipengaruhi Sejumlah Sentimen Berikut

Jakarta - Salah satu pasar kripto, Bitcoin telah mengalami rebound dari posisi support USD60.000 pada… Read More

2 hours ago

Tepis Isu Akuisisi, Bank Banten Sebut KUB Kesempatan Mengakselerasi Pertumbuhan Bisnis

Tangerang - Manajemen PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) menepis pemberitaan akan diakuisisi… Read More

2 hours ago

Ramai Bank Melakukan Digitalisasi, OJK Tegaskan Pentingnya Perlindungan Data

Jakarta - Industri perbankan di Indonesia semakin gencar melakukan digitalisasi dalam operasionalnya. Sebagai contoh, banyak… Read More

2 hours ago

Suku Bunga KPR AS Naik, Tertinggi dalam Setahun Terakhir

Jakarta - Suku bunga KPR (kredit pemilikan rumah) di Amerika Serikat (AS) naik menjadi 6,36… Read More

2 hours ago

Terapkan Strategi Ini, BNI AM Pede Target Dana Kelolaan Rp34 Triliun di Akhir 2024 Bisa Tercapai

Jakarta - BNI Asset Management (BNI AM) menyebutkan dana kelolaan atau Asset Under Management (AUM)… Read More

3 hours ago