Punya Asuransi? Pahami 6 Prinsip Penting Ini

Punya Asuransi? Pahami 6 Prinsip Penting Ini

Jakarta – Beberapa waktu belakangan, dunia asuransi digegerkan dengan proses klaim seorang aktris yang juga salah satu nasabah Prudential Indonesia. Untuk mencegah hal serupa terulang, peningkatan pemahaman asuransi serta prinsip-prinsip asuransi semakin penting.

Deputi Direktur Pengawasan Asuransi 2 Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kristianto Andi Handoko mengungkapkan, ada 6 prinsip penting yang perlu dipahami nasabah dan perusahan asuransi.

Prinsip pertama yang harus dipahami masyarakat, adalah Insurable Interest. Prinsip ini menjelaskan bahwa seseorang diberikan hak untuk mengasuransikan sesuatu karena terdapat hubungan keluarga atau ekonomi yang mendasarinya.

“Prinsip berikutnya yang harus dipahami adalah Utmost Good Faith atau itikad baik. Maksudnya adalah, dalam proses membeli produk asuransi, baik Tertanggung (nasabah) maupun Penanggung (perusahaan asuransi) harus menyampaikan informasi dengan terbuka, rinci, dan jujur,” jelas Kristianto pada keterangannya, dikutip 26 Oktober 2021.

Prinsip selanjutnya Indemnity atau prinsip ganti rugi. Perusahaan asuransi selaku Penanggung harus memberikan ganti rugi kepada Tertanggung sesuai dengan kesepakatan pada perjanjian atau polis. Kemudian, nilai tanggungan harus sesuai dengan nilai klaim yang sudah diajukan tanpa pengurangan atau penambahan nilai.

Selanjutnya, prinsip Subrogation yang berkaitan dengan kondisi di mana kerugian yang dialami Tertanggung atau nasabah disebabkan oleh pihak ketiga (orang lain). Jika melihat pada pasal 1365 KUH Perdata, pihak ketiga yang bersalah harus mengganti kerugian Tertanggung.

Bagaimana bila Tertanggung sudah memiliki asuransi? Dalam asuransi, subrogasi mengharuskan Tertanggung memilih salah satu dari sumber pengganti kerugian, yaitu Penanggung atau pihak ketiga. Tertanggung tidak boleh memilih dari keduanya, karena Tertanggung akan mendapat penggantian melampaui yang semestinya.

Lain halnya jika Tertanggung tidak mendapat ganti rugi secara penuh dari pihak ketiga, maka Tertanggung dapat meminta hak ganti rugi sesuai dengan selisih yang ada kepada Penanggung. Demikian pula apabila Tertanggung sudah mendapat penggantian dari Penanggung, maka Tertanggung tidak boleh menuntut pihak ketiga.

Prinsip berikutnya yang harus dipahami masyarakat adalah Contribution. Jika dianalogikan dalam sebuah pertanggungan, misalnya seorang kerabat Anda dirawat di rumah sakit dan biayanya di-cover oleh dua asuransi yang berbeda. Dalam prinsip ini, pihak asuransi memiliki hak untuk mengajak Penanggung lainnya untuk menanggung kerugian Tertanggung.

Prinsip terakhir adalah Proximate Cause, di mana setiap kerugian yang terjadi pasti ada penyebabnya. Mengacu prinsip ini, Penanggung hanya akan mengganti kerugian Tertanggung apabila suatu peristiwa diakibatkan oleh penyebab yang diatur dalam polis.

Akhirnya, 6 prinsip asuransi ini menjadi cara agar nasabah bisa memaksimalkan penggunaan produk asuransi yang telah dibeli. Hal ini tentunya juga akan membantu masyarakat menghindari kesalahpahaman di kemudian hari. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News