PTPP Tuntaskan Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Lebih Cepat Dari Target

PTPP Tuntaskan Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Lebih Cepat Dari Target

Sirkuit Mandalika
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT PP (Persero) Tbk (PTPP) sebagai kontraktor utama pembangunan sirkuit Mandalika berhasil menuntaskan pekerjaan pengaspalan ulang pada lintasan utama dengan waktu lebih cepat dari yang ditargetkan.

Pekerjaan pengaspalan ulang telah dimulai oleh PTPP sejak awal Maret lalu dengan melakukan proses resurfacing atau penggantian aspal lapisan atas jenis stone mastic asphalt (SMA) setebal 4,5 cm dengan aspal SMA yang baru sesuai dengan ketentuan dan spesikasi MotoGP.

“Sebagai kontraktor utama yang mengerjakan pembangunan lintasan utama Sirkuit Mandalika ini, PTPP dapat membuktikan komitmennya dengan menyelesaikan pekerjaan pengaspalan ulang tepat waktu bahkan lebih cepat dari yang ditargetkan sebelumnya. Tidak hanya tepat waktu, PTPP juga berusaha untuk memberikan hasil dengan kualitas terbaik sesuai dengan standar yang telah ditentukan,” ujar Novel Arsyad selaku Direktur Utama PTPP, di Jakarta, Minggu, 13 Maret 2022.

Proses resurfacing sendiri telah dilakukan dimulai dari tikungan 16,5 hingga dengan tikungan 5,5 sepanjang 1,602 kilometer. PTPP telah melakukan perbaikan resurfacing aspal sebesar 17,5% dari total panjang lintasan, yaitu 4,302 kilometer.

PTPP bersama dengan pemilik proyek, konsultan, dan pengawas terus bekerja keras selama 24 jam hingga berhasil menyelesaikan pekerjaan pengaspalan ulang tersebut sesuai dengan kesepakatan bersama dengan pihak penyelenggara MotoGP Mandalika 2022.

Dengan telah dituntaskannya proses pengaspalan ulang tersebut kini Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang lintasan 4,302 kilometer tersebut telah siap digunakan untuk perhelatan internasional MotoGP Mandalika 2022 pada pekan mendatang.

PTPP telah berhasil menuntaskan pekerjaan pengaspalan ulang tersebut pada hari Rabu (09/03) lalu dimana ditargetkan sebelumnya akan diselesaikan pada tanggal 10 Maret 2022. Proses pengaspalan yang dilakukan pada tanggal 9 Maret lalu merupakan proses pengaspalan terakhir yang melalui STA 1+085 hingga 1+283 sepanjang 198 meter.

Proses resurfacing yang dilakukan oleh PTPP telah sesuai dengan spesifikasi dan standar yang telah ditetapkan oleh FIM(Fédération Internationale de Motocyclisme) serta diawasi langsung oleh para konsultan dan pengawas professional, yaitu Road Racetrack Runway (R3), Jaya Construction Management, Bomag, Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI), dan Topcon selaku spesialis MMGPS.

Selain melakukan pekerjaan pengaspalan ulang pada lintasan utama sirkuit Mandalika, PTPP juga tengah melakukan pembenahan dan penyelesaian fasilitas penunjang Sirkuit Mandalika untuk
menyambut pergelaran MotoGP Mandalika yang akan dilangsungkan pada tanggal 18-20 Maret mendatang.

Sebelumnya, PTPP telah ditunjuk oleh ITDC untuk melakukan pekerjaan pembangunan tribun dengan spesifikasi khusus (Grandstand), VIP Village, dan Pit Building & Fasilitas Paddock. Adapun
progres pekerjaan per tanggal 09 Maret 2022 telah mencapai sebagai berikut, pekerjaan pembangunan Grandstand Premium telah mencapai 96%, Grandstand Regular sebesar 97%, VIP Village sebesar 97% dan Pit Building & Fasilitas Paddock sebesar 100%.

Tidak hanya itu, PTPP juga dipercaya untuk melakukan pekerjaan pelebaran Jalan Kuta-Keruak, penataan kawasan dan koridor, serta observasi deck bukit 360.

Menteri BUMN RI Erick Thohir bersama dengan Wakil Menteri II Kartika Wirjoatmodjo melakukan kunjungan kerja ke proyek Sirkuit Mandalika dan Fasilitas Pendukung lainnya untuk melihat langsung
progres dan kesiapan dari fasilitas dan sarana yang akan digunakan dalam ajang MotoGP 2022 mendatang.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Novel Arsyad selaku Direktur Utama bersama dengan Direktur Operasi Bidang Gedung Anton Satyo Hendriatmo dan Direktur Operasi Bidang Infrastruktur PTPP Yul Ari Pramuraharjo turut mendampingi Menteri BUMN RI pada Jumat (11/03).

“Berkat dukungan dan kerja keras dari Tim Proyek, Pemilik Proyek, Pengawas, Konsultan, serta pihak-pihak berkepentingan lainnya, akhirnya seluruh proses pengaspalan ulang tersebut dapat berjalan lancar dan lintasan Sirkuit Mandalika siap digunakan untuk perhelatan internasional MotoGP 2022 yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-20 Maret mendatang,” ujar Novel Arsyad. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]