Pasar Modal

PTPP Selesaikan Pembangunan Bendungan Pidekso

Jakarta – PT PP (Persero) Tbk, berhasil menuntaskan pembangunan konstruksi proyek Bendungan Pidekso yang berlokasi di Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah.

Proyek pembangunan bendungan tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang ditandai secara simbolis dengan prosesi penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti.

Presiden Joko Widodo menekankan jika bangsa Indonesia mengingkan kemandirian pangan, kedaultan pangan, dan ketahanan pangan dapat tercapai, maka waduk merupakan kuncinya.

“Waduk adalah menjadi kunci, air menjadi kunci. Oleh sebab itu, kita bangun waduk di seluruh provinsi di Tanah Air kita,” ujar Presiden Joko Widodo, dalam siaran pers yang dipublikasi PTPP, Rabu, 29 Desember 2021.

Dalam peresmiannya tersebut, Presiden Joko Widodo sendiri didampingi oleh Menteri Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung, Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Direktur Utama PTPP Novel Arsyad, dan Direktur Operasi Bidang Infrastruktur Yul Ari Pramuraharjo.

“Dengan hehadiran Bendungan Pidekso di Provinsi Jawa Tengah ini diharapkan dapat memiliki dampak positif bagi masyarakat di Provinsi Jawa Tengah khususnya yang berada di Kabupaten Wonogiri. Dengan dibangunnya Bendungan Pidekso ini juga dapat memberikan nilai tambah sebagai kawasan wisata air yang dapat dinikmati oleh para wisatawan lokal terutama masyarakat yang tinggal di sekitar bendungan. PTPP bangga dapat menyelesaikan pembangunan proyek bendungan tersebut dengan kualitas terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, pembangunan Bendungan Pidekso beserta fasilitasnya dapat diselesaikan lebih cepat 12 bulan dari yang ditargetkan,” tutur Novel Arsyad selaku Direktur Utama PTPP kepada media.

Sekedar informasi, bendungan yang dimiliki oleh Kementerian PUPR ini memiliki nilai total kontrak sebesar Rp739 miliar dimana pembangunannya dimulai sejak tahun 2014 dan dapat diselesaikan lebih cepat 12 bulan dari yang ditargetkan.

Bendungan ini memiliki kapasitas penampungan sebesar 25 juta meter
kubik dengan luas genangan 232 hektare. Bendungan Pidekso memiliki tinggi 44 meter. Kehadiran bendungan ini diharapkan dapat mereduksi banjir sebesar dari 349 meter kubik per detik menjadi 311 meter kubik per detik.

Selain itu, kehadiran bendungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengaliri irigasi seluas 1.500 hektare dan menghasilkan air baku sebesar 300 liter per detik. Tidak hanya itu saja, bendungan yang terletak pada aliran Sungai Bengawan Solo tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai tujuan pariwisata di Kabupaten Wonogiri. (*)

Paulus Yoga

Recent Posts

HI-DRONE2 Jadi Ladang Cuan Bagi Pelaku UMKM di PIK 2, Nilainya Segini

Jakarta – Gelaran HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HI- DRONE2) di Community Park, Pantai Indah… Read More

4 hours ago

Manchunian Merapat! Maybank Indonesia Luncurkan Kartu Kredit Manchester United

Jakarta - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) meluncurkan kartu kredit special bertemakan Manchester… Read More

6 hours ago

Peluncuran Maybank Kartu Kredit Manchester United

Seremoni peluncuran Maybank Kartu Kredit Manchester United dengan menghadirkan mantan pesepak bola legendaris Manchester United… Read More

6 hours ago

Promosi Merchant Anyar, J Trust Bank Teken Kerja Sama Bareng Kushikatsu Daruma

Jakarta - PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) meneken penandatangan perjanjian kerja sama… Read More

11 hours ago

Rupiah Strong, Aliran Modal Asing Rp22,06 Triliun Masuk RI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat di minggu ketiga Mei 2024, aliran modal asing masuk… Read More

12 hours ago

Gandeng Bank ICBC Indonesia, Sequis Financial Luncurkan Produk Asuransi Tradisional

Jakarta - PT Asuransi Jiwa Sequis Financial (Sequis Financial) menggandeng PT Bank ICBC Indonesia (Bank… Read More

15 hours ago