PT SMI dan PLN Kolaborasi Dukung Percepatan Transisi Energi

PT SMI dan PLN Kolaborasi Dukung Percepatan Transisi Energi

PT SMI dan PLN Kolaborasi Dukung Percepatan Transisi Energi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) dan PT PLN (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk bersama-sama mendukung agenda pemerintah Indonesia dalam percepatan transisi energi di Tanah Air.

Kolaborasi antara kedua perusahaan tersebut akan berfokus pada pengembangan skema pembiayaan dan investasi sehubungan dengan program transisi energi yang sedang dilakukan oleh PLN dan tidak terbatas pada program early retirement proyek pembangkit listrik tenaga uap.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan bahwa PLN dan PT SMI akan bersama-sama menyusun skema atas rencana pembiayaan dan investasi dari early retirement guna mendukung percepatan transisi dari batu bara ke energi terbarukan.

“PLN akan mendukung inisiatif tersebut melalui penyediaan informasi proyek terkait Energy Transition Mechanism (ETM) dan pemenuhan persyaratan untuk memperoleh fasilitas pembiayaan dari PT SMI dan/atau pihak ketiga yang menjadi mitra PT SMI,” ucap Darmawan dikutip 19 Oktober 2022.

Rencananya, skema pembiayaan dan investasi untuk ETM akan dirancang oleh PT SMI melalui skema blended finance atau pendanaan campuran baik yang berasal dari kombinasi dana pemerintah Indonesia melalui skema spesifik, dana multilateral, dan dana komersial yang berasal baik melalui pinjaman maupun instrumen pasar modal.

Selain itu, Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad, menyatakan bahwa ETM nantinya bertugas mengelola mekanisme transisi energi Indonesia yang dapat bersumber dari pendanaan komersial dan non komersial secara berkelanjutan.

“Seperti pendanaan dari Indonesia sovereign wealth fund, pembiayaan dari lembaga donor filantropis, lembaga multilateral bilateral, serta lembaga internasional lainnya,” ujar Edwin dalam kesempatan yang sama.

Adapun, penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Edwin Syahruzad selaku Direktur Utama PT SMI dan Sinthya Roesly selaku Direktur Keuangan PLN, disaksikan oleh Wakil I Menteri Badan Usaha Milik Negara, Pahala Nugraha Mansury, pada acara State Owned Enterprise (SOE) International Conference 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). (*) Khoirifa

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]