News Update

PSBB Total, Bakal Ganggu Kredit Perbankan dan Pasar Keuangan

Jakarta – Penerapan sosial berskala besar (PSBB) secara ketat atau PSBB total di DKI Jakarta pada 14 September 2020 mendatang diperkirakan bakal mengganggu sektor keuangan baik kredit perbankan maupun pasar keuangan.

Ekonom Center of Reforms on Economic (CORE), Piter Abdullah ketika dihubungi oleh infobanknews mengatakan, bilamana PSBB dilaksanakan hingga akhir tahun dapat menggaggu kinerja kredit serta mengganggu NPL Perbankan.

“Kalau (penerapan PSBB) lama, misal hingga akhir tahun dampaknya akan besar. Ekonomi Akan benar kembali terpuruk. Penyaluran kredit akan kembali terhenti,” kata Piter di Jakarta, Kamis 10 September 2020.

Menurutnya, program restrukturisasi harus terus dilanjutkan hingga tahun 2021 mendatang sebagai stimulus sektor jasa keuangan ditengah pandemi covid-19. Terlebih Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kredit masih landai meski mulai membaik. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan kredit pada Juli 2020 sebesar 1,53 persen, dibandingkan dengan pertumbuhan kredit Juni 2020 sebesar 1,49 persen.

Tak hanya kredit perbankan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah mengawali perdagangan hari ini. Di awal perdagangan hari ini, IHSG dibuka turun 119,062 poin atau 2,31 persen ke posisi 5.030,314. Selang 2 menit setelah pembukaan, IHSG kembali tertekan 3,16 persen. 

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, anjloknya IHSG pada pagi ini lantaran keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk melakukan PSBB ketat. 

“Beberapa hal yang kita lihat sudah menampakkan hasil positif berdasarkan indeks sampai dengan kemarin, karena hari ini indeks masih ada ketidakpastian karena announcement Gubernur DKI tadi malam, sehingga indeks tadi pagi sudah di bawah 5.000,” ujar Airlangga.

Airlangga mengatakan, keputusan Anies untuk melakukan rem mendadak tersebut telah berdampak langsung pada market. Sehingga menurutnya, yang terpenting saat ini adalah menjaga kepercayaan masyarakat agar ekonomi tetap berjalan. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Maybank Indonesia Raih The Asian Experience Awards 2024

Head, SME Banking Maybank Indonesia memberikan sambutan saat acara The Asian Experience Awards 2024, di… Read More

2 hours ago

LMAN Buka-bukaan soal Nasib Aset Rumah Dinas DPR

Jakarta - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mengeklaim siap apabila ditugaskan untuk mengelola rumah dinas… Read More

3 hours ago

Mandiri Inhealth Perkuat Dampak Sosial ke Masyarakat Lewat Cara Ini

Jakarta – PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) terus memperkuat komitmen dalam memberikan dampak positif bagi… Read More

3 hours ago

LMAN Kucurkan Rp134,35 Triliun untuk Pendanaan Lahan PSN

Jakarta - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) memberikan pendanaan lahan sebesar Rp134,45 triliun untuk Proyek… Read More

4 hours ago

LMAN Gelontorkan Rp2,85 Triliun untuk Pembebasan Lahan IKN

Jakarta – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah merealisasikan Rp2,85 triliun untuk pembebasan atau pengadaan lahan pembangunan… Read More

4 hours ago

Dari Gelar Doktor Kehormatan hingga Waketum Kadin, Segini Harta Kekayaan Raffi Ahmad

Jakarta – Nama Raffi Ahmad (37), belakangan menjadi perbincangan publik. Bukan karena prestasi di dunia showbiz yang… Read More

6 hours ago