Sharia Insight

Program Ini jadi Andalan Muamalat Institute Genjot Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

Jakarta – Muamalat Institute terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah melalui program-program Link and Match Kampus dan Industri, salah satunya seperti Muamalat Institute Kuis Interaktif (MIKIR). Melalui program tersebut diharapkan pelajar hingga mahasiswa dapat menjadi prime mover (penggerak utama) dalam inklusi produk dan layanan keuangan syariah.

Kesuksesan penyelenggaraan MIKIR tahun 2022 dan tingginya antusiasme pendaftar pada tahun 2023 adalah indikasi yang baik bahwa program ini memiliki dampak positif dan menarik minat banyak peserta. Program MIKIR 2023 ini menarik lebih dari 500 pendaftar yang berasal dari 205 perguruan tinggi dan SMA/SMK/Sederajat di 23 provinsi seluruh Indonesia dengan total hadiah 37 juta rupiah. 

Karena kompetisi MIKIR merupakan kuis interaktif yang menyenangkan bagi para pelajar di tingkat perguruan tinggi dan SMA/SMK/Sederajat di seluruh Indonesia untuk mengikuti program ini khususnya dalam menguji pemahaman dan kreativitas peserta dalam berpikir cepat dan tepat terkait topik-topik keuangan syariah baik perbankan syariah, pasar modal syariah, IKNB Syariah dan lainnya.

Baca juga: Cara Muamalat Institute Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah ke Pelajar

Adapun acara ini kembali berkolaborasi dengan para stakeholder seperti Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Bank Muamalat Indonesia (BMI), Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI), Islamic Insurance Society (IIS), Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI).

Program MIKIR 2023 merupakan salah satu langkah Muamalat Institute dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri keuangan syariah. Muamalat Institute mengumumkan pemenang Program MIKIR 2023. Setelah melewati beberapa tahapan eliminasi, semifinal dan grandfinal akhirnya terpilih Fathmah Hanum, sebagai juara pertama program MIKIR 2023 yang berasal dari STAI Salahuddin Pasuruan. 

Direktur Eksekutif Muamalat Institute dan Head of Human Capital Strategy & Development Bank Muamalat Indonesia, Anton Hendrianto selaku menyampaikan selamat kepada pemenang MIKIR 2023 juara pertama Fathmah Hanum berasal dari STAI Salahuddin Pasuruan. Kemudian juara kedua Sri Wahyuni dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan Juara ketiga Rofi’ul Alim dari Universitas Muhammadiyah Bandung. 

Menurutnya, prestasi adalah bukti bahwa tidak ada batasan bagi apa yang dapat dicapai ketika kita memiliki visi yang kuat, tekad yang tak kenal lelah, dan semangat untuk terus belajar dan tumbuh. Semoga pencapaian ini hanya menjadi langkah awal dalam perjalanan menuju pencapaian yang lebih besar.

“Terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi dalam MIKIR 2023. Ini adalah upaya kolektif, dan saya sangat menghargai kerja keras semua tim yang terlibat,” ungkap Anton dalam keterangannya dikutip 29 September 2023.

Lebih lanjut ia menambahkan, semoga penghargaan ini menjadi inspirasi bagi semuanya untuk terus mengejar keunggulan dalam pekerjaan dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan dunia. “Saya berharap bahwa program MIKIR ini bisa menjadi acara tahunan yang diminati oleh pelajar dari berbagai kampus dan sekolah di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Sebagai hadiah yang diterima juara pertama MIKIR 2023, Fathma Hanum menerima hadiah prestisius dari Muamalat Institute yaitu bisa mendapatkan kesempatan untuk datang ke Jakarta menjadi Direktur Eksekutif selama sehari dan menjadi GEULIS Ambassador serta hadiah uang tunai, free voucher training dan e-sertifikat.

Terpilihnya Fathmah sebagai pemenang telah membuktikan kemampuannya dalam bidang industri keuangan syariah di Indonesia serta menjadi penyemangat untuk terus belajar dan berkembang lebih jauh serta berkontribusi di keuangan syariah di Indonesia.

Baca juga: Meski Tumbuh, Kinerja Keuangan Syariah Masih Terganjal Rendahnya Literasi

Saat berkesempatan menjadi Direktur Eksekutif, Fathmah juga dikenalkan dengan seluruh karyawan Muamalat Institute, diskusi program dengan manajemen Muamalat Institute, hingga menjadi narasumber podcast Muamalat Institute. Di hari kedua, Fathmah juga berkesempatan untuk menjadi GEULIS Ambassador dan melakukan literasi keuangan syariah di SMK Negeri 5 Bekasi. 

Dengan adanya program ini juga memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk menjadi agen perubahan melalui MIKIR 2023, sehingga para pelajar dapat berkontribusi pada kemajuan pendidikan dan literasi di Indonesia dalam mendukung perkembangan kepemimpinan dan keterampilan pelajar muda. 

Program MIKIR 2023 berhasil membantu peningkatan literasi di Indonesia dengan menyumbang sebanyak lebih dari 2.800 orang telah mengikuti sosialisasi GEULIS dari total lebih dari 16.000 orang yang telah terliterasi keuangan syariah di Indonesia melalui program GEULIS yang dilakukan oleh Muamalat Institute dan Bank Muamalat.

Selain melalui program MIKIR, kedepannya Bank Muamalat Indonesia dan Muamalat Institute terus mendorong peningkatan literasi lewat program Muamalat Enlightenment Campaign Program (MINTERIN), Muamalat Indonesia Kompeten (MIKO), Muamalat Institute Movement Entrepreneur Incubator (MIMPI) hingga Dosen Tamu. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Menilik Tantangan-Peluang Perajin Batik di Era Industri yang Menggeliat

Jakarta – Industri batik di Tanah Air menggeliat di tengah tantangan besar dari sisi produktivitas dan… Read More

8 hours ago

Inflasi Medis Melangit, Bundamedik Tempuh Langkah Ini

Jakarta - Inflasi kesehatan atau inflasi medis kini tengah menjadi sorotan sejumlah pihak. Meningkatnya biaya… Read More

9 hours ago

Prudential Indonesia-UNICEF Kolaborasi Dorong Partisipasi PAUD di NTT

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia… Read More

9 hours ago

Nasib Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Ada di Tangan Prabowo

Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong keberlanjutan program Kartu Prakerja di masa kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo… Read More

10 hours ago

Merangkap Jadi Menaker, Airlangga Siapkan Rencana Kenaikan UMP Tahun Depan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemban tugas baru sebagai Ad Interim (tugas sementara) Menteri… Read More

10 hours ago

Pahami 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Investasi Ilegal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kerugian masyarakat akibat investasi ilegal atau bodong di… Read More

10 hours ago