News Update

Prof Muliaman Hadad: Ruang Kinerja Keberlanjutan di RI Perlu Ditingkatkan

Jakarta – Ruang peningkatan kinerja keberlanjutan di Indonesia masih perlu ditingkatkan lagi. Terutama dalam bidang Environmental, Social, and Governance (ESG) dan keuangan kerkelanjutan.

Demikian dikatakan Pakar Keuangan Berkelanjutan, Prof Muliaman Hadad dalam acara penandatanganan kerja sama Impac+ dengan Malaysian Rating Corporation Berhad (MARC) di Jakarta baru-baru ini.

“Inisiatif ini relevan di semua level, dari nasional hingga lokal, dan mencakup berbagai jenis perusahaan, termasuk BUMN, swasta, emiten, dan usaha milik kelompok,” ujar Muliaman dikutip 19 Oktober 2024.

Muliaman hadir di acara tersebut sebagai Ketua Impac+, sebuah institusi berbasis di Jakarta yang berfokus pada pengetahuan, pelatihan, riset, dan konsultansi di bidang keberlanjutan.

Baca juga: Alexandra Askandar, Wadirut Bank Mandiri: Komitmen Keberlanjutan serta Mendorong Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusi

Impac+ menjalin kerja sama dengan MARC untuk memperkuat inisiatif keberlanjutan di Indonesia, khususnya terkait dengan solusi keuangan berkelanjutan yang berfokus pada isu lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

Penandatanganan kerja sama ini, menurut Muliaman, mencerminkan semakin tingginya kebutuhan akan solusi keuangan berkelanjutan yang inovatif dan kontekstual di kawasan ASEAN dan Asia.

Dalam kerja sama ini, lanjut eks bos Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2012 – 2017 ini, MARC dan Impac+ akan mengembangkan berbagai inisiatif untuk memenuhi kebutuhan ESG di Indonesia, serta menawarkan layanan konsultansi dan pelatihan untuk membantu perusahaan mengintegrasikan prinsip keberlanjutan ke dalam operasi bisnis mereka.

Sementara, Rizky Wisnoentoro, CEO Impac+, menambahkan bahwa kolaborasi ini akan membantu memenuhi kebutuhan akan solusi ESG yang berkembang di Indonesia.

“Di Impac+, kami memiliki para pakar yang diakui secara nasional dan internasional di bidang ESG dan keuangan berkelanjutan. Setelah pandemi, penerapan prinsip keberlanjutan di industri menjadi kebutuhan mendasar,” katanya.

Rizky juga menekankan bahwa kerja sama dengan MARC akan membantu menghadirkan solusi jangka panjang bagi industri Indonesia dalam masa transisi menuju praktik keberlanjutan yang lebih baik.

Kemudian, Arshad Mohamed Ismail, Group CEO MARC, menyatakan antusiasmenya dalam bermitra dengan Impac+.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Impac+ untuk meningkatkan solusi keuangan berkelanjutan di Indonesia. Permintaan akan solusi terkait ESG terus meningkat di tengah perubahan ekonomi dan lingkungan yang signifikan di kawasan ini,” ujarnya.

Baca juga: Dinamika Lingkungan Ekonomi dan Strategi Keberlanjutan Bank

Arshad juga menekankan bahwa Indonesia merupakan pasar utama untuk pertumbuhan berbasis keberlanjutan. Dirinya juga yakin bahwa kolaborasi ini akan mampu menghadirkan solusi inovatif yang sesuai dengan kebutuhan lokal.

Kerja sama antara MARC dan Impac+ ini juga merupakan wujud komitmen MARC dalam memperkuat posisinya di ranah ESG dan keuangan berkelanjutan di kawasan, seiring dengan semakin meningkatnya perhatian terhadap investasi bertanggung jawab.

Melalui kolaborasi ini, MARC berharap dapat berkontribusi dalam pengembangan ekosistem ESG yang holistik di ASEAN. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Panduan Cek NIK KTP untuk Penerima Bansos PKH dan Bank Pencairan, Ikuti Tahapannya!

Jakarta - Program Keluarga Harapan (PKH) adalah salah satu inisiatif bantuan sosial dari pemerintah Indonesia… Read More

46 mins ago

Lewat Lagu Ini, Dul Jaelani Dewa 19 Experience Bawa Penonton Nostalgia di Jazz Gunung Burangrang

Bandung – Dul Jaelani Dewa 19 Experience menghentak panggung Jazz Gunung Burangrang: Sora-Sora Bergembira! di Dusun Bambu,… Read More

1 hour ago

Rapor IHSG Sepekan: Menguat 3,18 Persen, Kapitalisasi Pasar jadi Rp12.967 Triliun

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa data perdagangan saham pada pekan ini,… Read More

4 hours ago

Gelar Allo Friends Day, Allo Bank Perkenalkan Brand Ambassador dan Campaign Baru

Jakarta – PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI) pada 19 hingga 20 Oktober 2024 akan… Read More

5 hours ago

Kantongi Lisensi PFAK, Bitwewe Akan Perluas Layanan Dukung Ekosistem Kripto di RI

Jakarta – PT Sentra Bitwewe Indonesia (Bitwewe) resmi mengantongi lisensi Pedagang Fisik Aset Kripto (PFAK)… Read More

5 hours ago

Manggung di Jazz Gunung Burangrang, Vina ‘Si Burung Camar’ Sukses Hibur Penggemar

Bandung – Vina ‘Si Burung Camar’ Panduwinata tampik apik dan sukses menghibur penggemar di panggung Jazz… Read More

5 hours ago