Ekonomi dan Bisnis

Produsen Pupuk Asal Sragen Ini Go Global, Ekspor ke Kamerun dan Kuwait

Jakarta – Produsen pupuk organik asal Sragen, Jawa Tengah, PT Turrima Agro Mas (Turrima–AgroBiotech) merambah pasar ekspor ke Afrika dan Timur Tengah. Bahkan meraih penghargaan khusus dari Menteri Pertanian dan Pengembangan Pedesaan Republik Kamerun.

Penghargaan itu diberikan karena Turrima Agro Mas dinilai berhasil memperbaiki dan menyuburkan lahan pertanian di Kamerun. Pengakuan atas kualitas pupuk organik Turrima diberikan langsung oleh Gabriel Mbairobe, Menteri Pertanian dan Pengembangan Pedesaan Republik Kamerun.

Baca juga: Sukses Ekspor ke Tiongkok, UMKM Binaan BCA Ini Kembali Bidik Pasar Timur Tengah

Selain pasar Afrika, Turrima Agro Mas juga rutin bertransaksi dengan Kuwait National Fertilizer Company (NFC), yang sering melakukan pembelian ribuan liter pupuk organik cair. Saat ini, produk-produk pupuk organik Turrima juga mulai merambah ke beberapa negara lainnya.

Turrima Agro Mas kini membuka kesempatan kepada para profesional level multinasional untuk bergabung dalam pengembangan pasar globalnya. 

Menurut Founder dan CEO Turrima Agro Mas, Mulyono, keunggulan pupuk organik produksi Turrima Agro Mas ada pada kandungan organik yang lebih tinggi dibanding produk sejenis. Selain itu, Turrima Agro Mas banyak menggunakan agen hayati/organisme hayati dari produk sebelum tanam, saat tanam, sebelum panen hingga peningkatan bobot buah hasil panen.

Baca juga: UMKM Binaan Pupuk Kaltim Siap Gali Potensi di Pasar Global

Di samping produknya ditujukan untuk meningkatkan hasil pertanian, secara operasional, Turrima Agro Mas juga menerapkan corporate value untuk merawat keseimbangan ekosistem, dan mendukung pertanian berkelanjutan. Dari sumber daya bahan baku hingga proses produksi, praktik operasional PT Turrima Agro Mas berusaha untuk meminimalkan dampak negatif kepada ekosistem.

“Sebenarnya kalau kita semua mau fokus mengelola sampah-sampah organik di sekeliling kita, masalah sampah di Indonesia bisa teratasi dengan cepat melalui cara ini,” kata Mulyono dalam keterangan resminya, Kamis, 7 Maret 2024. (*) Ari Astriawan

Galih Pratama

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

7 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

9 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

9 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

10 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

11 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

1 day ago