News Update

Produsen Dalam Negeri Kembangkan Ultra Violet Pemusnah Covid

Jakarta – Pengusaha alat kesehatan yang juga anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Yudhi Andrinto mengungkapkan, saat ini produsen alat kesehatan dalam negeri sedang mengembangkan alat Ultra Violet tipe C (UVC) dalam ruangan guna membunuh kuman bakteri hingga virus covid-19.

“Berikutnya juga kami punya target tersendiri yaitu menciptakan teknologi yang terbaru itu UVC tripel C ya nanti itu sudah mendapat hak paten dari Dirjen Haki dan kemungkinan kami terbuka untuk bekerjasama dengan Kementerian BUMN di Indonesia untuk mengembangkan alat-alat ini mencegah penyebaran covid lebih luas lagi,” kata Yudhi dalam diskusi Satgas Covid-19 di Kanal Youtube BNPB Indonesia, Selasa 17 November 2020.

Dirnya menambahkan, saat ini alat UVC sudah digunakan di beberapa rumah sakit seperti RS Wisma Atlet dan berbagai RS dalam negeri. Namun kedepannya pihaknya tak menutup kemungkinan untuk membuat alat khusus ruangan tertentu baik di tempat ibadah, sekolah maupun rumah.

“Sebenarnya ultraviolet ini di kedokteran memang sudah digunakan di ruang operasi untuk sterilisasi mungkinan juga ke depan kan bisa juga digunakan untuk sekolah-sekolah atau tempat-tempat di mana dalam ruangan itu berkumpul banyak orang,” jelas Yudhi.

Tak hanya itu, produsen alat kesehatan dalam negeri juga terus berupaya mengajak seluruh lembaga pendidikan nasional dalam penelitian penciptaan UVC tersebut. Dirinya berharap hal tersebut dapat meningkatkan penelitian dan riset pendidikan.

“Jadi buat kedepannya mungkin kami akan menambah anak bangsa yang memang berlatar belakang dari teknik engineering atau teknik elektro bisa bekerjasama dengan Universitas melakukan berbagai penelitian,” tukasnya. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Simak! Berikut Langkah Kunci Rekomendasi BPKP Terkait Penguatan Tata Kelola BUMN

Jakarta - Plt Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh membeberkan sejumlah… Read More

1 hour ago

Rusia Serang Balik AS, Aset JP Morgan dan Mellon Dibekukan hingga Rp5,6 Triliun

Jakarta - Pengadilan Arbitrase Wilayah Moskow membekukan dana Bank New York Mellon AS (NYSE:BK) yang… Read More

2 hours ago

Walz vs Vance Memanas dalam Debat Cawapres AS, Singgung Konflik di Timur Tengah

Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Tim Walz mempertanyakan kapabilitas… Read More

3 hours ago

BUMN Business Forum 2024: Ini Dia 55 BUMN Terbaik Versi The Asian Post 2024

Jakarta - Sebanyak 55 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianugerahi penghargaan "The Best State Owned… Read More

3 hours ago

Kominfo Luncurkan Sistem Kebencanaan, Notifikasi bakal Muncul di SMS hingga TV

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun sistem Early Warning System (EWS) dan Disaster Prevention… Read More

3 hours ago

Pemerintah Siapkan Aturan Perlindungan bagi Pengemudi Ojol

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berencana akan mengkaji aturan terkait pengemudi ojek online (ojol).… Read More

3 hours ago