Pasar Modal

Produk Derivatif Single Stock Future Masuk Tahap Akhir, 16 Anggota Bursa Berminat

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan kabar terbaru terkait dengan produk derivatif Single Stock Future (SSF) yang ditargetkan akan rilis di kuartal I-2024 ini.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK, Inarno Djajadi, mengatakan bahwa, perkembangan SSF saat ini telah memasuki tahap akhir dan proses review atas permohonan persetujuan produk SSF juga telah selesai dilakukan.

“Lalu yang kedua adalah proses persetujuan perubahan peraturan pendukung, antara lain peraturan KPEI (Kliring Penjaminan Efek Indonesia) ini sedang dalam proses tahap akhir,” ucap Inarno dalam RDKB OJK dikutip, 5 Maret 2024.

Baca juga: OJK Susun 4 Program Terkait Pengembangan Pasar Modal Indonesia Selama 2024

Inarno menjelaskan, perubahan peraturan tersebut dalam rangka penyesuaian proses bisnis dari sebelumnya menggunakan rekening bank menjadi sub rekening efek nasabah di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk efisiensi transaksi.

Adapun, saat ini, OJK telah mencatat sebanyak 16 anggota bursa yang menyatakan minat untuk berpartisipasi dalam perdagangan SSF.

Sementara, OJK juga telah mengantongi enam anggota bursa yang telah siap untuk pilot-project SSF dan satu anggota bursa yang bersedia menjadi liquidity provider.

Baca juga: OJK Sebut Pasar Saham Masih Tangguh di Tengah Perlambatan Ekonomi Global, Ini Buktinya

“Saat ini kesiapan dari AB (Anggota Bursa), sudah terdapat 16 AB yang menyatakan minat untuk berpartisipasi dan juga enam AB telah siap untuk piloting dan juga satu AB yang bersedia menjadi liquidity provider,” imbuhnya.

Sebagai informasi SSF merupakan salah satu inovasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di tahun 2024 ini, di mana hal itu dilakukan dalam rangka mendukung kinerja pasar derivatif untuk tumbuh semakin signifikan. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

4 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

4 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

4 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

5 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

6 hours ago