News Update

Praktik dan Perilaku Notaris di Bisnis Properti Perlu Dikawal Ketat

Jakarta-Praktik hukum dalam bisnis properti perlu diperhatikan agar industri properti di Indonesia dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut diutarakan oleh Santun Maspari Siregar selaku Direktur Perdata Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham saat menjadi pembicara pada acara Indonesia Mortgage Bankers Association (IMBA): “Dukungan Perbankan dan Regulator di Sektor Properti dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional” yang diselenggarakan oleh Infobank dan Perbanas hari ini, Jumat, 19 Februari 2021.

“Ada kuasa menjual dari notaris kepada bank padahal cicilan sudah lunas, jadi hal-hal seperti ini kita perlu perhatikan. Praktik hukum terkait bisnis properti kita jaga bersama-sama agar bisnis ini dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, tak lain dan tak bukan caranya adalah dengan menggunakan regulasi. Regulasi yang akan mengikat para pelaku atau pemain di industri mortgage ini. Bahkan sekalipun para pelaku yang terlibat melakukannya secara virtual, regulasi tetap akan bersifat mengikat.

“Jadi bagaimana caranya kita ada aturannya kita ikat mereka yang terlibat walaupun mereka tidak datang ke kantor secara fisik, tapi kita ikat mereka,” tambahnya.

Di samping itu, dirinya juga menekankan pentingnya kejujuran dalam bisnis ini, karena banyak kasus terjadi adalah bukan soal keabsahan, tapi penyangkalan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis properti ini. Kemudian, pihaknya juga sudah melaksanakan pengetatan perizinan perpanjangan praktik notaris demi menjamin kualitas dan integritas notaris.

“Kita telah mengubah beberapa undang-undang terkait kenotarisan. Misalnya, ada kewajiban terhadap notaris untuk diwawancarai oleh dirjen hukum bila ingin diperpanjang izin notarisnya. Termasuk juga bila notaris melakukan pelanggaran kode etik,” tegasnya. (Steven Widjaja)

Suheriadi

Recent Posts

Ramai Fenomena Makan Tabungan, Permata Bank Santai Transaksi Nasabahnya Aman

Jakarta – Fenomena ‘makan tabungan’ alias mantab masih membayangi warga kelas menengah di Tanah Air.… Read More

9 hours ago

Meski Mirip, Ini Perbedaan Produk Investasi ETF dan Reksa Dana

Jakarta - Dalam dunia investasi terdapat beberapa pilihan instrumen yang dapat dipilih oleh para investor… Read More

12 hours ago

Gandeng UGM, KemenkopUKM Dampingi UMKM Naik Kelas

Jakarta- Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) berkolaborasi dengan Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan pendampingan usaha… Read More

12 hours ago

Ketua Umum AAUI Beberkan Penyebab Rendahnya Penetrasi Asuransi

Bali - Industri asuransi di Indonesia secara konsisten menunjukkan pertumbuhan dari tahun ke tahun. Di… Read More

12 hours ago

Kelolaan Aset Wealth Management BRI Capai Rp239,6 Triliun per Agustus 2024

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui bisnis Wealth Management berhasil membukukan aset yang dikelola… Read More

13 hours ago

Lanjut Melemah, IHSG Ditutup Turun ke Level 7.480

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini (10/10) kembali ditutup merosot ke… Read More

13 hours ago