PPKM Level 4 Diperpanjang, Kegiatan Ekonomi Mulai Dibuka Bertahap

PPKM Level 4 Diperpanjang, Kegiatan Ekonomi Mulai Dibuka Bertahap

PPKM Level 4 Diperpanjang, Kegiatan Ekonomi Mulai Dibuka Bertahap
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Dengan tren yang mulai membaik, pemerintah juga akan membuka kegiatan ekonomi secara bertahap.

Masih sama, PPKM Level 4 kali ini akan diperpanjang untuk seminggu ke depan mulai dari 10 Agustus hingga 16 Agustus 2021.

“Atas arahan Presiden Republik Indonesia, maka PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali akan diperpanjang sampai 16 Agustus 2021,” ujar Luhut pada paparan virtualnya, Senin, 9 Agustus 2021.

Luhut mengungkapkan, penerapan PPKM sudah mulai menunjukkan perbaikan dengan penurunan kasus sebanyak 59,6% dari puncaknya di 15 Juli 2021 lalu. Selain itu, terdapat 26 kota/kabupaten yang turun level dari 4 ke 3.

Lebih jauh, Luhut juga menyampaikan bahwa kegiatan ekonomi akan dibuka secara bertahap. Dua sektor yang dibuka yaitu pusat perbelanjaan mall dan industri ekspor serta penunjangnya.

Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan dengan kapasitas 25% di wilayah PPKM level 4 akan memperhatikan protokol kesehatan ketat dan sertifikat vaksin sebagai syarat. Adapun daerah yang menjadi uji coba adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

Lalu, pemerintah juga sedang menyusun panduan protokol kesehatan untuk industri ekspor serta penunjangnya. Rencananya sektor ini akan bisa kembali dibuka dengan protokol kesehatan pada Minggu depan.

Ke depan, pemerintah akan terus meningkatkan cakupan vaksinasi agar kekebalan kelompok segera terbentuk. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]