Perbankan

Populasi di Jepang Menyusut, Saikyo Bank Gandeng J Trust Bank Ekspansi Pasar Global

Jakarta – Bank asal Jepang, The Saikyo Bank, Ltd mengandeng PT Bank J Trust Indonesia Tbk dalam upaya ekspansi pasar global. Sebab, Jepang secara terus menerus mengalami penyusutan ekonomi akibat rendahnya angka kelahiran dan menurunnya populasi warganya.

Direktur Utama The Saikyo Bank, Ltd. Ken Matsuoka mengatakan, pergeseran demografis yang menimpa negaranya tersebut kemungkinan besar mempunyai implikasi sosial dan ekonomi yang besar, termasuk melambatnya pertumbuhan ekonomi.

“Hal ini mendorong Saikyo Bank untuk memasuki pasar global melalui kerja sama dengan J Trust Bank,” katanya saat peresmian kerja sama di kantor pusat J Trust Bank Jakarta, Selasa, 10 Oktober 2023.

Baca juga: J Trust Bank Bidik Kredit Rp5,5 T hingga Akhir 2023, Begini Strateginya

Pihaknya pun menyambut baik Kerjasama dengan J Trust Bank untuk membantu mitra bisnis The Saikyo Bank berekspansi ke Indonesia. Sebab, Indonesia dipandang sebagai salah satu negara dengan potensi terbesar pertumbuhan berkelanjutan di pasar domestik.

“Lebih dari itu, Indonesia juga diperkirakan akan menyalip Jepang dalam GDP di tahun 2050,” jelasnya.

Direktur Utama J Trust Bank, Ritsuo Fukadai menambahkan, J Trust Bank dan Saikyo Bank Co., Ltd., menyadari potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Indonesia dikarenakan jumlah penduduk yang besar dan meningkatnya jumlah masyarakat berpendapatan menengah. 

Kolaborasi ini, kata dia, memiliki kesamaan spirit yaitu untuk memperluas peluang bisnis dan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha dan masyarakat Indonesia, melalui integrasi keahlian perbankan berstandar Jepang.

Dalam kerja sama ini, J Trust Bank dan Saikyo Bank berkomitmen membuka akses dan menghubungkan pelaku usaha Jepang dengan pelaku usaha di Indonesia sehingga dapat membantu pengembangan usaha keduanya di Indonesia. 

Selain mendukung pengembangan bisniskerja sama antara J Trust Bank dan Saikyo Bank turut memberikan solusi terhadap berbagai tantangan bisnis di tingkat global terkait kebutuhan permodalan dan sistem layanan transaksi keuangan.

Baca juga: Incar Pasar Milenial dan Gen Z, J Trust Bank Gandeng JKT48 jadi Brand Ambassador

J Trust Bank diketahui terus mencatatkan peningkatan kinerja positif dengan laba bersih sebesar Rp90,62 miliar per kuartal II 2023. 

Katalis dalam peningkatan kinerja tersebut dipicu oleh pertumbuhan kredit bruto menjadi sebesar Rp21,70 triliun dari sebelumnya Rp15,28 triliun atau tumbuh 42,00 persen YoY (Year-on-Year). 

Sementara dana pihak ketiga (DPK) juga terlihat meningkat menjadi Rp29,24 triliun dari Rp20,18 triliun atau sebesar 44,87 persen YoY pada posisi kuartal II 2023 dibandingkan Kuartal II 2022. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

6 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

7 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

20 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

21 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

21 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

21 hours ago