Music

Politikus hingga Ormas Tolak Coldplay, Bagaimana Nasib Konser di RI?

Jakarta – Menteri Pembangunan Pemerintah Lokal Malaysia David Nga Kor Ming mengaku geram terhadap seorang politikus Partai Islam Se-Malaysia (PAS) Nasrudin Hassan lantaran mendesak pemerintah membatalkan konser grup band Coldplay.

“Apabila mereka tidak suka Coldplay, sederhana saja tidak usah membeli tiket konser mereka. Itu saja, tetapi jangan halangi penggemar Copldplay untuk menonton konser mereka, “ tegas Nga, melansir laman Free Malaysia Today, seperti dikutip Infobanknews, Rabu (17/5/2023).

Menurutnya, konser grup band yang digawangi vocalist Chris Martin itu bukan semata masalah penampilan saja akan tetapi dapat menumbuhkan nilai ekonomi.

“Konser Coldplay juga sesuai dengan aspirasi pemerintah untuk menjadikan Kuala Lumpur menjadi kota metropolitan yang diramaikan dengan acara-acara hiburan,” tegasnya. 

Diketahui, Nasrudin sendiri gencar mendesak pemerintah Malaysia untuk membatalkan konser Coldplay pada November lalu dengan berbagai alasan. Hal tersebut dijelaskan dirinya dalam jejaring sosial Facebook.

Dalam unggahannya, dirinya melampirkan tangkapan layar twit dari akun @ColdplayOnStage. Dalam twit tersebut, terlihat sejumlah foto vocalis Coldplay Chris Martin mengibarkan bendera LGBT pada saat konser di London, Inggris.

“Apakah pemerintah mau menyuburkan hedonisme dan budaya menyimpang di negara ini,” tulisnya, dilansir New Straits Time.

PA 212 Tolak Konser Coldplay

Rupanya, aksi penolakan konser Coldplay juga terjadi di Indonesia. Adalah Alumni Persaudaraan (PA) 212 menyerukan penolakan konser yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), pada 15 November 2023 mendatang.

“Kami mengimbau panitian dan promotor membatalkan niatnya untuk mendatangkan Coldplay. Kalau masih nekat, maka kita akan menggelar aksi besar-besaran dengan memblokir lokasi atau kita akan kepung bandara,” kata Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin, dikutip Rabu (17/5/2023).

Menurutnya, alasan penolakan ini karena Chris martin cs diduga merupakan kelompok yang mendukung kampanye Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) serta penganut paham atheis.

“Kalau mereka sampai jadi menggelar konser, itu artinya kita mendukung mereka mengkampanyekan LGBT dan atheis yang sangat bertentangan dengan nilai agama dan Pancasila,” tegasnya.

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Ade Armando mengatakan, sikap penolakan yang digaungkan oleh PA 212 bisa mencoreng nama baik Indonesia di dunia internasional.

“Ini juga akan menghancurkan mimpi anak-anak muda Indonesia yang sudah menunggu kedatangan Coldplay selama bertahun-tahun,” ungkapnya di akun resmi @psi_id, dikutip Rabu (17/5/2023).

Sebelumnya, kata Ade, PA 212 juga menjadi pihak yang menolak kedatangan timnas Israel di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia. Akibat situasi yang tengah “memanas” kala itu, pada akhirnya FIFA membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah.

“Negara tidak boleh tunduk sama ancaman dari manapun. Tindakan tegas harus diambil biar ada efek jera,” tulis akun @ryanhartomo di kolom komentar.

“Manfaat 212 itu apa sih buat bangsa dan negara? Kontribusi juga gak ada untuk negara ini. Cuma bikin rusuh aja,” tambah akun @deskamtoro dengan emote marah.

Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penyelenggaraan konser band asal Inggris ini karena dapat meningkatkan kepercayaan dunia bahwa Jakarta merupakan destinasi MICE terbaik di Asia.

“Penyelenggaraan konser diharapkan tidak hanya berdampak pada terhadap peningkatan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja tapi juga promosi pariwisata Indonesia khususnya Jakarta sebagai destinasi MICE (meeting, incentive, conference, exhibition) di Asia,” katanya dalam laman resmi kemenparekraf, dikutip Rabu (17/5/2023).

Pihaknya siap mendukung konser Coldplay dan akan terus berkoordinasi dengan pihak penyelenggara untuk memastikan perencanaan konser dapat berjalan dengan baik.(*)

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

8 mins ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pecinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

1 hour ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

15 hours ago

Lewat Cara Ini, Bank Sampoerna Perkuat Literasi Keuangan Gen Z

Jakarta - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menggelar event literasi keuangan bertajuk “Sampoerna High… Read More

16 hours ago

32.055 Tiket Maroon 5 Live in Jakarta Ludes Terjual di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Official Banking Partner konser Maroon 5 di Jakarta, Bank Mandiri berhasil melayani penjualan… Read More

16 hours ago

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

2 days ago