News Update

Polemik Disertasi Menteri Bahlil, Guru Besar UIN Jakarta dan Dekan FEB UI Bilang Begini

Jakarta – Disertasi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia banyak disorot. Bahlil dinilai melakukan plagiat lantaran disertasi doktornya itu memiliki kesamaan hingga 95 persen dengan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kesamaan itu didapat dari penelusuran melalui aplikasi cek plagiarsime, Turnitin. Pihak UIN pun buka suara. Melalui laman resminya, guru besar UIN, Maila Dinia Husni Rahiem menjelaskan, temuan plagarisme itu dikarenakan adanya kesalahan internal UIN.

Seorang mahasiswa doktoral sekaligus dosen di UIN Jakarta memeriksa keaslian disertasi Bahlil melalui akun Turnitin kampus, dan didapati similarity 13 persen.

Namun, dokumen itu tidak segera dihapus dan tersimpan dalam repository Turnitin kampus. Maka ketika pemeriksaan ulang sistem mendeteksi kesamaan 100 persen, karena filenya sudah terekam dalam database Turnitin sebagai dokumen resmi. Hal ini menimbulkan dugaan Bahlil mencontek hasil mahasiswa UIN Jakarta.

Baca juga : Menteri Bahlil Sudah Siapkan Strategi Kerek Lifting Minyak RI, Begini Penjelasannya

“Ketika lima orang dari berbagai perguruan tinggi melakukan pengecekan ulang, mereka memperoleh hasil similarity antara 95 persen hingga 100 persen. Hasil uji ini kemudian tersebar di media sosial dan semakin memperkuat kesalahpahaman tersebut,” ujar Maila, dikutip Senin, 21 Oktober 2024.

Adapula polemik terkait jangka waktu kuliah dan riset yang hanya 1 tahun dan 7 bulan, hingga Bahlil dinyatakan lulus dengan predikat cum laude. Hal ini ditanggapi oleh Co-promotor distertasi Menteri Bahlil yang juga merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

Menurut Teguh, Bahlil sempat bertanya kepadanya soal program S3 di UI. Ia menyarankan untuk mengambil S3 jalur riset di SKSG UI. Opsi ini lebih memungkinkan dibandingkan S3 di FEB UI yang mensyaratkan ada kuliah terstruktur di semester pertama pada hari kerja.

Teguh mengeklaim Bahlil memenuhi syarat untuk mendaftar S3 di SKSG UI karena telah lulus Magister Ilmu Ekonomi dari UNCEN pada 2009.

Baca juga : Segini Kekayaan Bahlil yang Terpilih jadi Ketum Golkar

“Saya melihat ijazah yang ter-scan di sistem SKSG UI. Informasi di PDDIKTI mengenai BL yang dianggap mengundurkan diri kurang akurat. Bahlil telah menempuh empat semester, sesuai dengan Peraturan Rektor No. 26/2022, sehingga layak untuk maju ke tahap promosi,” timpalnya.

Bahlil juga dinilai sudah memenuhi syarat tiga publikasi jurnal. Rinciannya, satu jurnal internasional bereputasi, satu jurnal SINTA 2, dan satu prosiding yang dapat diganti menjadi jurnal SINTA 2.

Adapun salah satu penguji Bahlil, yakni Arif Satria yang juga merupakan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), mengungkapkan, ia bersedia menjadi penguji karena diminta. Arif juga menyakini UI sebagai perguruan tinggi ternama pasti menjaga reputasi dengan sistem penjaminan mutu yang kuat.

“Saya sering menjadi penguji S3 di UI dan untuk sampai pada sidang promosi melalui tahapan panjang yang ketat. Hal ini juga disampaikan oleh pimpinan sidang kepada promotor, co promotor maupun penguji sebelum acara dimulai, bahwa sidang promosi pak Bahlil sudah sesuai prosedur di UI,” pungkasnya (*) Ari Astriawan

Editor: Yulian Saputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Intip Gaji Mayor Teddy Setelah Diangkat Prabowo Jadi Sekretaris Kabinet Merah Putih

Jakarta – Presiden RI Prabowo Subianto resmi melantik Mayor Infanteri Teddy Indra Wijaya sebagai Sekretariat… Read More

59 mins ago

303 Saham Menguat, IHSG Ditutup Menghijau ke Level 7.772

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Senin, 21 Oktober 2024, ditutup… Read More

1 hour ago

BI: Penyaluran Kredit Baru Terindikasi Melambat di Triwulan III 2024

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan hasil survei perbankan mengindikasikan penyaluran kredit baru melambat. Hal itu tecermin… Read More

1 hour ago

CIMB Niaga Targetkan Portofolio Hijau 25 Persen di Akhir 2024

Jakarta - PT CIMB Niaga Tbk (BNGA) atau Bank CIMB Niaga menargetkan portofolio untuk Kegiatan… Read More

2 hours ago

Prabowo Resmi Lantik 56 Wakil Menteri Kabinet Merah Putih

Jakarta – Presiden RI Prabowo Subianto resmi melantik para Wakil Menteri Negara di Kabinet Merah Putih… Read More

2 hours ago

Prabowo Angkat Luhut jadi Ketua DEN, Airlangga Hartarto Buka Suara

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menanggapi soal Menteri Koordinator Investasi dan Kemaritiman era Jokowi yakni,… Read More

3 hours ago