Categories: Ekonomi dan Bisnis

PNM Gandeng Carrefour Pasarkan Produk UMKM

Jakarta–Melihat perkembangan UMKM di Indonesia yang semakin pesat dan memiliki daya saing berupa kualitas yang baik, maka PT Trans Retail Indonesia atau Carrefour yang juga memiliki perhatian khusus terhadap perkembangan UMKM menjalin kerjasama untuk memberikan akses produk nasabah mitra binaan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) kepada Carrefour.

Sebagai bentuk kerjasama PNM dan Carrefour Indonesia untuk pengembangan UMKM, maka penandatanganan Nota Kesepahaman antara PNM dan Carrefour Indonesia dilaksanakan pada Rabu (16/12) bertempat di kantor pusat PT PNM (Persero), di Jakarta. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Bisnis Mikro II PT PNM (Persero) Carolina Dina Rusdiana dengan Human Resources & Corporate Affairs Director Carrefour Indonesia Herni Dian Anggreani.

Carolina Dina Rusdiana, menjelaskan, sebagai lembaga profesional di bidang pemberdayaan UMK, PNM selalu berupaya untuk membantu para pelaku UMKM sesuai kebutuhan mereka. Karena itu para pelaku UMKM mitra binaan PNM tidak hanya diberikan bantuan berupa modal, namun mereka pun mendapatkan pelatihan dan pendampingan dalam bentuk Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Manfaat dari Program PKU yang sejak Januari 2015 hingga November 2015 telah diterima oleh 19.293 UMK nasabah mitra binaan PNM mulai menunjukkan hasil peningkatan pada produk yang dihasilkan, maka langkah berikutnya bagi para pelaku UMK adalah masuk ke jaringan pasar yang lebih besar.

“Melalui penandatangan nota kesepahaman dengan Carrefour Indonesia diharapkan produk dari pelaku UMK nasabah dan mitra binaan PNM yang telah layak dan memenuhi standar Carrefour dapat masuk dan dijual di Carrefour sehingga secara langsung para pelaku UMK tersebut dapat eksis di jaringan pasar yang lebih luas,” jelasnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu 16 Desember 2015.

Sementara itu Herni Dian Anggreani mengatakan Carrefour Indonesia mengedepankan produk lokal untuk masuk ke dalam seluruh gerai Carrefour. “Kami membuka seluas-luasnya akses bagi pelaku UMKM di Indonesia untuk menjadi pemasok produk untuk gerai kami di seluruh Indonesia. Kerjasama dengan PNM pun membantu kami mendapat akses lebih banyak ke pelaku UMKM yang produknya sudah siap bersaing di pasar,” kata dia.

Kerjasama dengan jaringan Carrefour ini, melengkapi beberapa kerjasama lain dalam membantu pemasaran UMK nasabah mitra binaan ULaMM PNM. Termasuk kerjasama dengan Japan External Trade Organization atau (JETRO) sejak dua tahun yang lalu.

Sebagai tambahan informasi, hingga saat ini layanan PNM telah memiliki 62 cabang yang menjangkau 28 provinsi,  di 296 kabupaten dan menjangkau 2.973 kecamatan. Hingga  penutupan bulan November tahun 2015, PNM telah menyalurkan modal usaha melalui ULaMM sejak pertama kali berdiri sebesar Rp. 15,46 Triliun. Penerima manfaat ULaMM sepanjang tahun 2015 hingga November mencapai 139.288 pelaku UMK. (*) Ria Martati

Paulus Yoga

Recent Posts

Menkeu: Pembangunan Infrastruktur dan SDM Jadi Fondasi Ketahanan Ekonomi Indonesia

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia… Read More

29 mins ago

Dukung Pertumbuhan Bisnis Nasabah, BNIdirect Hadirkan Fitur-Fitur Terbaru

Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menghadirkan kapabilitas terbaru dari aplikasi… Read More

34 mins ago

Jangan Tunggu Tua, Ini Tips Jago Buat Anak Muda agar Lebih Cerdas Kelola Uang

Jakarta - PT Bank Jago Tbk berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan internasional AIESEC mengajak ratusan anak… Read More

39 mins ago

Indonesia Privacy Leader Summit 2024: Memastikan Masa Depan Data yang Aman di Era Digital

Jakarta – Sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP),… Read More

2 hours ago

Target Ekonomi 8 Persen ‘Dinyinyirin’, Prabowo: Tunggu Tanggal Mainnya!

Jakarta – Presiden terpilih RI Prabowo Subianto mengakui target pertumbuhan ekonomi 8 persen di pemerintahannya… Read More

3 hours ago

Hadiri Festival Literasi Finansial, IFG Life Tegaskan Komitmen Dorong Literasi Keuangan

Jakarta – PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) bersama dengan para stakeholders di sektor keuangan… Read More

4 hours ago