PMI Sudah Salurkan 21.130 Plasma Konvalesen

PMI Sudah Salurkan 21.130 Plasma Konvalesen

PMI Sudah Salurkan 21.130 Plasma Konvalesen
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Palang Merah Indonesia (PMI) sudah menyalurkan sebanyak 21.130 kantong plasma konvalesen hingga 28 Februari 2021 untuk pengobatan Covid-19. Ketua Bidang Unit Donor Darah – PMI Pusat, dr. Linda Lukitari Waseso mengungkapkan, bahwa PMI terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan Plasma Konvalesen nasional.

“Kami memiliki 34 unit donor darah yang menyiapkan plasma konvalesen dan itu tidak terbatas di kota-kota besar saja. Kami juga bisa mengirimkan kantong plasma tersebut ke berbagai provinsi, seperti, Jayapura, Gorontalo, dan yang lain,” ujar Linda dalam diskusi virtual melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, 1 Maret 2021.

Linda bercerita bahwa 2 minggu lalu, PMI harus menunggu selama 2-3 hari untuk dapat memenuhi kebutuhan plasma konvalesen nasional. Meskipun demikian, saat ini PMI sudah mampu untuk mencukupi kebutuhan plasma konvalesen nasional hanya dalam 1 hari saja.

“Per 28 Februari, stok darah 636 kantong dan masih ada daftar tunggu sekitar 400 kantong. Untuk ketersediaan diseluruh Indonesia cukup memenuhi, hanya mungkin golongan darah AB masih kurang,” katanya.

PMI mendorong bagi penyintas Covid-19 untuk menyalurkan plasma konvalesennya. Menurut Linda, tidak ada batasan bagi pendonor untuk mendonorkan plasma konvalesen, selama titer antibodi Covid-19 masih kuat. Dengan rajin mendonor, tubuh akan terangsang untuk memproduksi plasma konvalesen baru dan semakin mempercepat proses penyembuhan pasien Covid-19 yang lain. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]