Pertumbuhan Ekonomi Diproyeksi Tumbuh 5,1%

Pertumbuhan Ekonomi Diproyeksi Tumbuh 5,1%

pertumbuhan ekonomi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2022 tumbuh lebih dari 5% yoy. Sejalan dengan hal tersebut, Ekonom serta Co-Founder & Pakar Institute Social, Economics and Digital/ISED Ryan Kiryanto, juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal-II 2022 akan tumbuh sebesar 5,1% yoy.

“Didukung dari pemulihan ekonomi dari sisi belanja rumah tangga yang tumbuh sekitar 5,2 persen yoy, investasi langsung (PMTB), belanja pemerintah dan surplus eskpor-impor,” ujar Ryan, Jumat, 5 Agustus 2022.

Secara umum, menurutnya, pertumbuhan ekonomi pada kuartal-II ditopang dengan kontribusi konsumsi rumah tangga domestik sekitar 56%, lalu belanja pemerintah sebesar 10%, investasi sebesar 30% dan ekspor-impor sebesar 4%.

Kemudian, secara spasial, pulau Jawa tumbuh lebih tinggi sekitar 5,2% dibandingkan dengan nasional 5,1%. Kontribusi Jawa tertinggi yakni 54%, disusul Sumatera 21%, dan sisanya Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali dan Nustra.

Ryan mengatakan, hal tersebut didorong dengan pembukaan aktivitas masyarakat yang mulai kembali normal yang menjadi faktor utama pemicu pemulihan ekonomi.

Baca juga : Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi Tumbuh 5,3-5,9% di 2023

“Terutama di Mei-Juni karena libur panjang mendorong mobilitas masyarakat dengan konsumsi hospitality atau kulineri (makanan, minuman) dan transportasi yang tinggi sehingga menjadi penyebab dominan kenaikan inflasi mendekati 4,5% per Juni,” pungkasnya. (*) Irawati

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]