Ekonomi dan Bisnis

Pertamina Kelola Blok Masela, Pemerintah Harus Dukung Lewat Tax Holiday

Jakarta – Pertamina melalui Pertamina Hulu Energi (PHE) secara resmi telah mengambil alih Blok Masela dari Shell. Pengamat energi Inas Nasrullah Zubir menilai, anak usaha Pertamina ini sangat berpengalaman melakukan eksplorasi, pengembangan, dan produksi minyak dan gas laut dalam baik di Indonesia maupun di luar negeri. Termasuk soal teknologi, PHE dinilai sangat menguasai. 

“Kalau teknologi pengeboran tengah laut enggak masalah lah, itu mereka (PHE) sudah biasa dan sangat menguasai. Jadi teknologi nggak masalah,” ujar Inas dikutip 26 Juli 2023.

Dia menegaskan kinerja Pertamina, termasuk PHE sekarang sudah bagus. Untuk itu, tinggal dukungan dari negara saat mengelola Blok Masela. Dukungan tersebut harus datang dari pemerintah maupun DPR sehingga tidak akan menghambat kerja PHE. Salah satunya, menurut Inas adalah pemberian tax holiday bagi Pertamina dalam mengelola blok tersebut.

Baca juga: Hengkang dari Blok Masela, Asal-Usul Shell Ternyata dari Indonesia, Ini Sejarah Lengkapnya

“Jangan (perusahaan) asing saja yang dapat. Pertamina juga seharusnya dapat,” tegas Inas.

Selain itu Inas mengusulkan, bea untuk impor peralatan pengeboran kalau perlu nol persen, karena hal tersebut sangat penting untuk Pertamina bekerja. Di sisi lain, ia juga mengingatkan agar PHE cermat dalam membuat perhitungan mengerjakan Blok Masela.  

Inas mengungkapkan, dengan mengelola laut lepas termasuk Blok Masela, ke depan PHE akan lebih berpeluang untuk pengerjaan wilayah kerja lain. Tawaran akan semakin banyak, termasuk mengerjakan hal serupa di negara lain. “Kalau semakin kita kuasai teknologi pengeboran bawah laut, besok Timor Leste bisa pakai kita,” kata Inas.

Sebelumnya, 25 Juli 2023 PHE sebagai Subholding Upstream Pertamina bersama Petronas dipastikan mengambil alih 35 persen saham Shell Upstream Overseas Services Limited (SUOS) di Blok Masela. Dalam hal ini, PHE dengan porsi 20 persen dan Petronas 15 persen. Alih kelola ini ditandai dengan penandatanganan Sale Purchase Agreement (SPA), yang digelar dalam acara IPA Convex 2023 di ICE, BSD City. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

5 hours ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

6 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

6 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

7 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

7 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

8 hours ago