Nasional

Pertamax Green 95 Siap Dijual di SPBU Surabaya dan Jakarta, Segini Kisaran Harganya

Jakarta – PT Pertamina akan menghadirkan jenis bahan bakar baru yang diklaim ramah lingkungan bernama Pertamax Green 95. Bahan bakar campuran etanol 5% (E5) ini, rencananya akan mulai dinikmati masyarakat pada awal pekan depan.

Untuk tahap awal, Pertamax Green 95 akan dijual di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kawasan Surabaya dan Jakarta.

“Surabaya dan Jakarta penjualan tahap awal. Mudah-mudahan awal minggu depan (diluncurkan),” kata VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dikutip 24 Juli 2023.

Baca juga: Pertashop jadi Peran Penting Pendistribusian BBM ke Daerah Pelosok

Sayangnya, Fajar belum bisa merinci SPBU mana saja yang akan menjual Pertamax Green 95. Namun, dia memastikan bahwa penjualan Pertamax Green 95 hanya dijual oleh SPBU yang dimiliki langsung oleh Pertamina atau SPBU COCO (Corporate Owner Corporate Operate).

“Total ada 15 SPBU, sebanyak 10 di Surabaya dan 5 di Jakarta. Awalnya di Surabaya kemudian diputuskan di Jakarta juga ikut,” katanya.

Pertamax Green 95 masuk kategori bahan bakar non subsidi. Artinya, target penjualan dari bahan bakar oktan tinggi, namun lebih ramah lingkungan ini adalah kalangan menengah.

Sementara mengenai harga, Pertamina juga belum bisa memastikan berapa harga jual Pertamina Green 95.

Namun sebelumnya, Wakil Menteri BUMN I yang kini menjadi Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury pernah membocorkan harga Pertamax Green 95 berada di kisaran Rp13.200 per liter.

“Iya sekitar itu (Rp13.200 per liter) yang jelas harga produk kita kompetitif atau lebih murah dibanding produk yang sama di kelasnya,” ujarnya.

Baca juga: Pertamina Gantikan Shell Kelola Blok Masela, Segini Keuntungan yang Didapat Ekonomi RI

Saat ini, harga untuk bahan bakar non subsudi Pertamax sendiri kini berada di level Rp12.400 per liter. Sedangkan Pertamax Turbo 14.000 per liter. Jika kisaran harga Pertamax Green 95 Rp13.200, artinya masih di bawah harga Pertamax Turbo. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

9 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

10 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

10 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

10 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

11 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

12 hours ago