Teknologi

Pertama di Asia Tenggara, DCI Indonesia Sabet Penghargaan TCOS dari Uptime Institute

Jakarta – PT DCI Indonesia Tbk (DCI), penyedia infrastruktur data center terkemuka di Indonesia mendapatkan penghargaan Tier IV Gold Certification of Operational Sustainability (TCOS) dari Uptime Institute.

DCI Indonesia menjadi operator data center di Asia Tenggara yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Uptime Institute merupakan Otoritas Infrastruktur Digital Global yang berfokus pada penilaian dan peningkatan keandalan, ketahanan, dan keberlanjutan pusat data dan infrastruktur penting.

Baca juga: MUFG Guyur Pinjaman USD404 Juta untuk Dua Proyek Data Center EdgeConneX

Sertifikasi Tier IV Gold TCOS melengkapi serangkaian tolok ukur global teratas yang dimiliki DCI bersama dengan Tier IV Certification of Design Documents dan Tier IV Certification of Constructed Facilities.

Perolehan Tier IV Gold TCOS membuktikan bahwa fasilitas pusat data Tier IV yang dirancang dan dibangun DCI juga memiliki standar tertinggi dalam manajemen, pengoperasian, dan pemeliharaan pusat data.

“Kami telah menunjukkan perencanaan proaktif, mitigasi risiko, dan keunggulan operasional yang memungkinkan produksi tanpa henti dan keandalan di berbagai kondisi operasi,” ungkap Toto Sugiri, CEO DCI  Indonesia dalam keterangan resminya, 17 Oktober 2023.

DCI telah mempelopori integrasi automation dan predictive maintenance ke dalam operasinya, sehingga semakin meningkatkan keandalan dan efisiensi pusat datanya. Salah satu cara DCI melakukan hal ini adalah melalui ribuan sensor IoT yang dipasang pada peralatan dan infrastruktur DCI.

“Bagi klien DCI, Tier IV Gold TCOS Certification menjamin keandalan, layanan kelas dunia, dan kepercayaan mereka. Kerangka kerja dan implementasi manajemen dan operasi yang sejalan dengan standar industri tertinggi, menghasilkan pengurangan insiden dan kinerja SLA yang konsisten,” tambahnya.

Toto mengakui bahwa fasilitas yang canggih menyediakan infrastruktur yang kokoh. Namun, ia tak menampik bahwa sinergi dari tim operasi yang sangat ahli dan mudah beradaptasilah yang menjadi kekuatan pendorong kesuksesan DCII.

“Meskipun fasilitas tersebut menyumbang 20 persen dari fondasi kami, kekuatan pendorong sebenarnya di balik kesuksesan kami terletak pada 80 persen sisanya yang didedikasikan untuk operasi kami,” kata Toto.

Selain itu, lanjutnya, operasi DCI didukung oleh otomatisasi dan pemeliharaan prediktif, yang membedakan dari industri lainnya.

Baca juga: Elsewedy dan PLN Bangun Gardu Induk Data Center Rp188,5 Miliar

Sebagai perusahaan pertama di Asia Tenggara yang meraih Sertifikasi TCOS Emas Tier IV, DCI bangga mewakili Indonesia sebagai salah satu pemimpin regional dalam industri pusat data, yang menetapkan tolok ukur baru untuk keunggulan operasional dan keberlanjutan.

Mirip dengan sertifikasi Tingkat DCI lainnya, Sertifikasi TCOS ini diberikan kepada JK5 Data Center Hall 5A DCI, namun SOP, proses, dan standar berlaku secara seragam di seluruh pusat data Platform DCI (yaitu kampus H1, H2, E1). (*)

Galih Pratama

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

5 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

5 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

6 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

6 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

7 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

8 hours ago