Keuangan

Pertahankan Performa, Asuransi Astra Sabet Penghargaan BIFA 2023

Jakarta – Asuransi Astra berhasil mempertahankan kinerja keuangan untuk mengembangkan bisnisnya dengan meraih The Best Performance Insurance untuk kategori asuransi umum dengan aset lebih dari Rp3 triliun pada Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2023.

BIFA 2023 yang mengusung tema Digitalisasi Finansial: Inklusif dan Berkelanjutan ini merupakan ajang penghargaan bagi pelaku industri yang mampu bertahan, bertransformasi, dan menjaga performa pasca pandemi Covid-19.

Baca juga: Asuransi Astra Kembali Raih Corporate Reputation Award 2023

SVP Accounting & Tax Asuransi Astra, Feni Astrini mengatakan, Asuransi Astra berhasil mempertahankan kinerja keuangan untuk mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih baik dan positif.

“Penghargaan ini memberikan semangat kepada kami untuk terus bergerak agile dan berkomitmen dengan mengutamakan pelanggan guna memberikan peace of mind,” ujar Feni dalam keterangan resmi yang diterima Infobanknews, Senin, 4 September 2023.

Selain itu, lanjutnya, penghargaan yang diraih ini juga tak lepas dari komitmen dan kerja keras karyawan Asuransi Astra yang selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, dukungan dari para stakeholder, dan kepemimpinan yang baik.

“Apa yang kami lakukan selama ini, berangkat dari keinginan kuat untuk terus berusaha menyesuaikan diri di setiap perubahan dengan menciptakan peluang baru agar dapat terus bertumbuh, berkembang dan berkesinambungan,” tambah Feni.

Pada 2022, Asuransi Astra juga memperoleh Financial Strength Rating A- (Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating “a-“ (Excellent) dengan outlook stable.

Peringkat tersebut diberikan dari lembaga pemeringkat asuransi global AM Best, lembaga pemeringkat kredit global dengan spesialisasi pada industri asuransi yang berkantor pusat di Amerika Serikat.

Peringkat tersebut mencerminkan 4 faktor penilaian antara lain kekuatan neraca keuangan Asuransi Astra yang dinilai AM Best very strong, kinerja operasional yang dinilai strong, profil bisnis yang dinilai neutral, dan Enterprise Risk Management (ERM) yang dinilai appropriate.

Pemeringkatan tersebut juga telah mempertimbangkan faktor netral pengaruh Jardine Matheson Holdings Limited (Bermuda) sebagai ultimate parent Asuransi Astra.

Asuransi Astra juga berupaya mengoptimalkan kinerja perusahaan melalui strategi Triple P Roadmap yang dijadikan pedoman untuk mewujudkan tujuan perusahaan yakni menjadi perusahaan asuransi umum yang berkelanjutan. 

Sementara, pada kategori perusahaan asuransi umum, penghargaan BIFA 2023 diberikan kepada perusahaan asuransi yang dalam waktu 3 tahun terakhir dapat mengelola perusahaannya secara efektif dan efisien.

Sedangkan pengelompokan ditentukan berdasarkan skala total aset perusahaan pada tahun terakhir perhitungan, yaitu tahun 2022.

Baca juga: Garda Oto Asuransi Astra Raih Top Brand Award

Pada tahap awal, screening terdiri dari total aset, total ekuitas dan laba bersih tahun berjalan pada kuartal IV/2022 harus bernilai positif (+) serta nilai rasio RBC kuartal IV/2022 harus lebih besar sama dengan 120 persen.

Kemudian tahap kuantitatif meliputi hasil underwriting, total beban usaha, premi bruto, hasil investasi, total investasi dan laba bersih. Hingga terakhir, tahap kualitatif yang dilakukan oleh dewan juri penghargaan terkait. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

7 hours ago

Lewat Cara Ini, Bank Sampoerna Perkuat Literasi Keuangan Gen Z

Jakarta - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menggelar event literasi keuangan bertajuk “Sampoerna High… Read More

9 hours ago

32.055 Tiket Maroon 5 Live in Jakarta Ludes Terjual di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Official Banking Partner konser Maroon 5 di Jakarta, Bank Mandiri berhasil melayani penjualan… Read More

9 hours ago

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

1 day ago

CIMB Niaga Targetkan 10 Juta Nasabah di 2025, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan pertumbuhan total jumlah nasabah sebesar… Read More

1 day ago

CIMB Niaga Apresiasi Nasabah dengan XTRA XPO 2024

Pengunjung tengah memadati acara CIMB Niaga XTRA XPO, yg digelar di Jakarta. Direktur Consumer Banking… Read More

1 day ago