Perlu Dorongan, Kontribusi Ekonomi Digital Diproyeksikan Capai 18%

Perlu Dorongan, Kontribusi Ekonomi Digital Diproyeksikan Capai 18%

Kejahatan Meningkat, Pastikan Transaksi Mandiri Online Anda Aman
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Perekonomian digital dan kreatif menjadi sektor yang tengah naik daun di tengah pandemi. Meskipun demikian, Odo RM Manuhutu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Marves mengungkapkan, ekonomi digital dan kreatif saat ini baru menyumbang 4% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Untuk itu, Odo mengungkapkan perlu dorongan dan fasilitas lebih lanjut ke sektor satu ini. Jika berhasil, ia optimis kontribusi ekonomi digital terhadap PDB bisa di dongkrak hingga 16%-18% di 2030 nanti.

“Peranan dari BI bersama Kemenparekraf, dan BUMN adalah bagaimana melakukan pendampingan bagi para UMKM. Ke depannya, mungkin pertama-tama adalah bagaimana sektor UMKM bukan hanya fokus di karya tapi juga sudah masuk ke digital, karena kalau kita lihat tahun ini sektor digital itu menyumbang baru 4% dan pada 2030 akan mencapai 16-18% proyeksinya, jangan sampai ekonomi digital kita ini justru dikuasi oleh asing,” ujar Odo, 17 Mei 2022.

Lebih jauh, ia mencontohkan ekonomi digital dan kreatif dari salah satu negara bagian Amerika Serikat, yaitu California. Di California sebanyak 23% GDP nya digunakan untuk sektor ekonomi kreatif yang pada akhirnya menyerap banyak tenaga kerja.

Langkah ini menurutnya juga bisa diaplikasikan ke dalam ekonomi kreatif Indonesia. Beberapa cara yang bisa ditiru antara lain dengan mengembangkan ekosistem, market, serta proteksi untuk produk-produk dalam negeri.

Kemudian, Indonesia bisa terus mengembangkan tenaga kerjanya agar lebih adaptif dengan ekonomi digital dan kreatif. Kebijakan seperti pendampingan dan magang di kantor professional akan mampu meningkatkan kemampuan pekerja-pekerja atau UMKM di ekonomi digital dan kreatif. (*) Irawati

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]