Moneter dan Fiskal

Perekonomian Jakarta Diprediksi Tumbuh Kuat di 2024, Segini Perkiraannya

Jakarta – Bank Indonesia memprediksi perekonomian Jakarta akan tumbuh kuat tahun 2024 mendatang. Sebagai informasi, 2024 diprediksi banyak kalangan sebagai tahun yang penuh ketidakpastian baik dari sisi ekonomi maupun sisi geopolitik, sehingga bisa berdampak terhadap perekonomian suatu wilayah.

Diungkapkan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Arlyana Abubakar kalau pihaknya optimis ekonomi Jakarta bisa tumbuh mencapai 4,8 persen hingga 5,6 persen.

“Perkiraan ini kita lihat dari berbagai perkembangan indikator ekonomi, terutama didukung dari keyakinan konsumen, tingginya aktivitas MICE dan event, dan proyek strategis pemerintah maupun swasta,” tutur Arlyana dalam Seminar Outlook Jakarta 2024 bertemakan ‘Optimalisasi Pertumbuhan Ekonomi dan Stabilisasi’, Rabu, 6 Desember 2023.

Lebih lanjut, dari sisi pengeluaran, perbaikan ekonomi Jakarta pada 2024 masih didorong dari kinerja konsumsi rumah tangga, membaiknya ekspor seiring dengan membaiknya ekonomi di beberapa negara ekspor tujuan Jakarta, dan membaiknya konsumsi pemerintah.

Baca juga: Lebih Rendah dari Target Pemerintah, INDEF Proyeksikan Ekonomi RI Cuma Tumbuh Segini

Meskipun begitu, Arlyana menambahkan kalau ada potensi kinerja investasi tertahan. Penyebab utamanya tidak lain karena sikap investor yang mengambil sikap “wait and see” jelang berlangsungnya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Dari sisi lapangan usaha, ada 5 usaha Jakarta yaitu perdagangan, industri pengolahan, konstruksi, informasi dan komunikasi, serta jasa keuangan yang kami perkirakan akan tumbuh lebih baik dan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Jakarta di 2024,” lanjut Arlyana.

Secara spesifik, Arlyana mengungkapkan kalau sektor informasi dan komunikasi bisa tumbuh tinggi karena adanya potensi peningkatan penggunaan internet. Adapun peningkatan ini datang dari aplikasi streaming, data center, perluasan adopsi 5G, dan penggunaan data untuk aktivitas Pemilu 2024.

“Dan dari sisi lapangan usaha perdagangan, akomodasi, makan dan minum, dan sektor terkait lainnya, akan meningkat dengan aktivitas MICE dan event yang di 2024 ini akan semakin banyak dilakukan di Jakarta,” paparnya.

Penyaluran kredit sendiri diprediksi akan tetap tinggi di Jakarta, mencapai 10-12 persen. Sementara proyeksi inflasi juga diproyeksi masih akan terkendali, berada di angka 2,5 persen – 1 persen.

Di sisi lain, Arlyana juga menyampaikan sejumlah tantangan perekonomian yang akan dihadapi Jakarta, baik yang sifatnya struktural maupun siklikal.

Baca juga: Menkeu Ungkap Perekonomian Global Masih Diliputi Berbagai Dinamika

“Untuk Jakarta, tantangan struktural itu berasal dari daya dukung Jakarta. Terutama dari kesediaan lahan, tingkat upah minimum, ketersediaan air yang semakin terbatas, dan masalah struktural lain seperti kemacetan, ketimpangan sosial, dan juga polusi,” ujar Arlyana.

Sementara dari sisi siklikal, tantangan yang Arlyana maksud di sini berupa gejolak perekonomian dan geopolitik global serta tingginya bunga dari Federal Reserve System (The Fed) selaku Bank Sentral Amerika Serikat (AS).

Arlyana menambahkan ada juga tantangan domestik berupa perpindahan ibu kota, dan tantangan inflasi berupa ketergantungan Ibu Kota terhadap pangan dari sentral, serta lagi-lagi volatilitas harga pangan global yang dipengaruhi oleh kondisi saat ini.

Kendati demikian, Arlyana tetap optimis dengan pertumbuhan ekonomi Ibu Kota karena Jakarta memiliki keunggulannya tersendiri.

“Terlepas dari berbagai tantangan yang kita hadapi, Jakarta memiliki beberapa keunggulan atau modalitas yang bisa kita manfaatkan. Seperti di sini kesediaan infrastruktur, transformasi publik yang beragam dan terintegrasi, serta ketersediaan tenaga kerja yang berkualitas,” tutupnya. (*) Mohammad Adrianto Sukarso

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

3 mins ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

42 mins ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

1 hour ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

2 hours ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

2 hours ago

KBank Perkuat Ekspansi Regional, Tegaskan Investasi pada Bank Maspion

Bangkok - Kasikorn Bank (KBank) semakin mengukuhkan posisinya di kawasan ASEAN dan sekitarnya dengan strategi… Read More

4 hours ago