Perbarindo Berperan Aktif dalam Vaksinasi Industri Jasa Keuangan

Perbarindo Berperan Aktif dalam Vaksinasi Industri Jasa Keuangan

Jakarta – Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (DPP Perbarindo) menunjukkan komitmennya dalam mendukung program vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Pemerintah sejak Januari 2021. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya vaksinasi yang difasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada direksi dan karyawan BPR-BPRS di Istora Senayan, Jakarta (17/6).

Pada kesempatan tersebut, sedikitnya ada 1.000 orang karyawan BPR-BPRS; terdiri dari 34 BPR-BPRS yang berada di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang divaksin. Vaksinasi massal insan BPR-BPRS yang terdiri dari direksi dan karyawan tersebut merupakan bagian dari peran aktif DPP Perbarindo dalam menyukseskan program vaksinasi, khususnya bagi industri jasa keuangan (IJK) dalam hal ini BPR-BPRS di seluruh Indonesia.

Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto mengaku bahagia dengan terselenggaranya vaksinasi massal tersebut. “Saya berharap nantinya seluruh direksi dan karyawan BPR-BPRS dapat mendapatkan kesempatan yang sama untuk vaksinasi. Selain untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, vaksinasi ini juga jadi bagian penting untuk mencegah Covid-19 yang sudah berdampak signifikan di segala sendi kehidupan manusia,” ujar Joko, dalam keterangan resminya yang diterima Infobank, Jumat, 18 Juni 2021.

Sebelum program vaksinasi, Perbarindo sendiri terlibat aktif dalam gerakan Peduli Covid-19. Misalnya pada Oktober 2020, Perbarindo bekerja sama dengan Gerakan Pakai Masker (GPM) dalam melawan dan mencegah penularan virus Covid-19. Menurut Joko, hal tersebut penting dilakukan sebagai upaya memberikan kontribusi kepada negara dalam melawan virus corona. Begitu pun dengan program vaksinasi yang saat ini sudah mulai berlangsung bagi insan BPR-BPRS di seluruh Indonesia.

Senada dengan Joko, Ketua DPD Perbarindo DKI Jakarta dan Sekitarnya Ricardo Simatupang mengungkapkan bahwa vaksin ini penting bagi direksi dan karyawan BPR-BPRS yang melayani langsung masyarakat dalam urusan perbankan.

”Vaksinasi ini penting mengingat kegiatan BPR-BPRS sebagai lembaga jasa keuangan yang melayani masyarakat dan bahkan bertemu langsung dengan masyarakat setiap hari. Termasuk di pasar-pasar tradisional dan tempat lainnya. Terima kasih untuk OJK yang telah memfasilitasi kegiatan ini,” kata Ricardo.

Selain pelaksanaan vaksinasi massal di Jakarta, sehari sebelumnya (16/6) kegiatan serupa yang diselenggarakan atas kerja sama dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) juga dilakukan di 10 daerah lain secara bersamaan. Daerah lain tersebut di antaranya adalah; Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali & Nusa Tenggara, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Maluku Papua (Sulampua).Perbarindo

Vaksinasi massal yang diikuti direksi dan karyawan BPR-BPRS di beberapa daerah tersebut terasa istimewa karena disaksikan oleh Presiden Joko Widodo via video conference. Menurut Ketua DPD Perbarindo Jambi P.H.Manik, kegiatan pemberian vaksin secara gratis tersebut didukung oleh Pemerintah Kota Jambi, Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jambi, dan tentunya DPP Perbarindo.

“Kami sangat terbantu sekali dengan adanya fasilitasi dari OJK dengan Dinas Kesehatan Kota, karena dengan adanya kegiatan ini hampir 60 persen pegawai BPR sudah divaksin dan 40 persen lagi menunggu tahap berikutnya,” ungkap Manik.

Ia menambahkan bahwa dengan diberikannya vaksin kepada seluruh pegawai BPR-BPRS tentu akan dapat menambah kepercayaan diri mereka dalam melayani serta membantu nasabah dan juga pelaku UMKM. (*) Ari Nugroho

Related Posts

News Update

Top News