News Update

Perbankan Syariah Lebih Mampu Mitigasi Krisis Dibanding Konven

Jakarta – Perbankan syariah dipercaya lebih mampu untuk memitigasi risiko krisis ekonomi 2020 ketimbang perbankan konvensional. Hal tersebut terjadi lantaran pertumbuhan bisnis bank syariah terutama pembiayaan yang masih tumbuh double digit pada akhir 2019 lalu.

“Perbankan syariah itu pertumbuhannya (di akhir tahun 2019) masih di atas 10% sedangkan bank konvensional itu pertumbuhan kredit dan DPK itu justru sudah 6% makin tertekan lagi,” kata Ekonom Indef Abra Talatov saat live video conference di Jakarta, Senin 27 April 2020.

Tak hanya itu, Abra memandang kredit macet atau NPF perbankan syariah juga semakin membaik dalam tiga tahun terakhir hal tersebut menunjukan kompetensi pengelolaan kredit yang baik di bank syariah. Dari data OJK, NPF Bank Syariah semakin membaik di Januari 2020 mencapai 3,46% sedangkan tahun 2017 sempat mencapai 4,76% dan 2016 di 4,42%.

“Ini kan belajar dari pengalaman sebelumnya bahwa perbankan syariah sekarang semakin baik untuk melakukan pembiayaan. Sehingga dalam situasi krisis nanti, perbankan syariah yang lebih siap untuk memitigasi dan menjadi potensi pertumbuhan,” tambah Abra.

Sebagai informasi saja, perbankan syariah masih mencatatkan pertumbuhan intermediasi double digit di tengah lesunya pertumbuhan ekonomi nasional. Terlihat pada akhir tahun 2019 penyaluran kredit perbankan cuma tumbuh 6,08%, jauh merosot dibandingkan pertumbuhan pada 2018 sebesar 11,7%.

Adapun per November 2019, bank-bank syariah tanah air berhasil mencatat pertumbuhan pembiayaan 10,21%. Melesat jauh dibandingkan raihan serupa tahun lalu sebesar 4,19%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Ini Cara OJK Dukung UMKM Manfaatkan Pendanaan dari Pasar Modal

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat penghimpunan dana oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah… Read More

12 hours ago

Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana di Atas KRI RJW–992, Apa Itu?

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang… Read More

14 hours ago

Setkab dan Kemensetneg Umumkan Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar CPNS 2024

Jakarta - Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekretariat Kabinet (Setkab) dan Kementerian Sekretariat… Read More

14 hours ago

Ubah Lahan Kritis Jadi Produktif, PLN Kembangkan Ekosistem Biomassa Berbasis Pertanian Terpadu

Jakarta - Upaya pengembangan ekosistem biomassa berbasis pertanian terpadu yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero)… Read More

14 hours ago

Bank Mandiri Kembali Meluncurkan Mandiri MyPertamina Card untuk Manjakan Pencinta Otomotif

Jakarta – Bank Mandiri terus konsisten mendorong inovasi yang Adaptif dan Solutif melalui perluasan ekosistem,… Read More

15 hours ago

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

1 day ago