Perbanas: Ruang Penerbitan Instrumen ESG Masih Besar di RI

Perbanas: Ruang Penerbitan Instrumen ESG Masih Besar di RI

Perbanas: Ruang Penerbitan Instrumen ESG Masih Besar di RI
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Seiring berjalannya waktu, tren kebutuhan akan pembiayaan keuangan berkelanjutan semakin bertambah. Menanggapi hal ini, Kartiko Wirjoatmodjo, Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) memaparkan bahwa kebutuhan akan pembiayaan hijau di Indonesia masih besar.

Berdasarkan data terkini, ia menyebut pembiayaan berkelanjutan dan aset bank di Indonesia mencapai Rp806,65 triliun atau US$55,6 miliar. Di sisi lain, surat utang berkelanjutan global yang diterbitkan oleh penerbit Indonesia baru mencapai Rp31,6 triliun, atau US$2,2 miliar. Penerbitan surat utang hijau domestik juga baru mencapai Rp350 miliar atau US$35,12 juta.

“Kami ingin melihat lebih banyak penerbitan yang terkait dengan EFG (environtmental, social, and governance) di masa depan untuk menyesuaikan kebutuhan keuangan berkelanjutan di pasar Indonesia,” jelas Tiko pada paparannya di Agenda G20 Financial Track, Kamis, 18 Februari 2022.

Untuk mewujudkan kebutuhan ini, Perbanas mengungkapkan, institusi finansial perlu bekerja sama dengan pemerintah dan regulator. Dari sisi pemerintah, harus ada guidelines dan insentif untuk meningkatkan ketertarikan dan kebutuhan akan pembiayaan ESG. Selain itu, frameworks serta platform yang memadai di pasar finansial juga diperlukan untuk meningkatkan partisipasi di keuangan berkelanjutan.

Di sisi lain, institusi finansial perlu membangun dan meningkatkan kapabilitas seta kapasitas dalam pengembangan dan penawaran instrumen keuangan berkelanjutan. “Harapannya, bank-bank di Indonesia dan institusi finansial lainnya bisa menjadi lebih aktif dan produktif dalam pengembangan dan penawaran produk berkelanjutan untuk memenuhi sisi permintaan dan suplai,” ucap Tiko. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]