Keuangan

Perbaiki Credit Scoring, UangTeman Gandeng BPJS Ketenagakerjaan

Jakarta — PT Digital Alpha Indonesia (UangTeman) menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam upaya meningkatkan penilaian kredit (credit scoring).

“Melalui kerja sama ini, kami bisa meningkatkan kemampuan analisis credit machine UangTeman, sehingga penilaian kelayakan kredit yang dilakukan bisa lebih akurat, tepat sasaran, dan semakin meminimalkan risiko bisnis UangTeman” tutur CEO dan Co-Founder UangTeman, Aidil Zulkifli di Jakarta, Selasa (8/10).

Melalui peningkatan kemampuan analisis kredit ini, Aidil menargetkan penyaluran pinjaman UangTeman bisa mengurangi risiko gagal bayar dari para nasabahnya. “Ini juga bagian dari wujud nyata dukungan kami kepada pemerintah dalam rangka menciptakan ekosistem bisnis di sektor fintech yang lebih sehat dan tepat guna bagi masyarakat,” imbuh Aidil.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger, Dani Santoso bilang industri fintech yang kini sedang tumbuh dengan pesat harus didukung secara optimal dan jadi peluang bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk memperluas kepesertaan.

“Kami sangat senang dengan kerja sama ini, karena UangTeman memiliki target pasar bagi masyarakat menengah ke bawah yang selama ini belum menikmati layanan keuangan dari perbankan dan belum semuanya terlindungi oleh Program BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Dani.

Kerja sama antara UangTeman dengan BPJS Ketenagakerjaan ini menggunakan skema data mirroring. Nantinya data calon nasabah yang mengajukan pinjaman ke UangTeman akan diverifikasi oleh data BPJS Ketenagakerjaan terkait sejumlah aspek seperti Nomor Induk Kependudukan, alamat KTP, dan lainnya. Kecocokan data tersebut nantinya akan turut memengaruhi penilaian kelayakan kredit calon nasabah. (*)

Paulus Yoga

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

4 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

5 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

18 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

19 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

19 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

19 hours ago