Peran QR Antar Negara Dalam Integrasi Keuangan ASEAN

Peran QR Antar Negara Dalam Integrasi Keuangan ASEAN

Peran QR Antar Negara Dalam Integrasi Keuangan ASEAN
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Indonesia telah memperluas jangkauan QR Code Indonesian Strandard (QRIS) dengan menghubungkan pembayaran antar negara (Cross-border QR) melalui interkoneksi kode QR nasional. Pencapaian ini merupakan salah satu cara Indonesia untuk berkontribusi pada integrasi keuangan di kawasan ASEAN.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P. Joewono mengungkapkan QR Cross-border berperan penting dalam meningkatkan efisiensi transaksi, mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi, dan menjaga stabilitas makroekonomi dengan memperluas penggunaan penyelesaian transaksi menggunakan mata uang lokal (LCS). Kerja sama ini juga akan memberikan pilihan kepada masyarakat untuk bertransaksi dengan semakin mudah.

“QR Cross-border adalah salah satu inisiatif kolaboratif untuk membangun standarisasi infrastruktur permukiman lintas batas perdagangan, pengiriman uang, sistem pembayaran ritel, dan pasar modal ,” jelas Doni pada sambutannya dalam Agenda G20 Financial Track, Selasa, 15 Februari 2022.

Lebih jauh, Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand (BOT) telah melakukan uji coba QR Cross-border. Sinergi ini memungkinkan konsumen dan pedagang di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui QR Code secara instan. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]