Peran Penting BPD Dongkrak Perekonomian Daerah Pasca Pandemi Covid19

Peran Penting BPD Dongkrak Perekonomian Daerah Pasca Pandemi Covid19

Kontribusi Industri Asuransi Jiwa Terhadap Pembangunan Infrastruktur
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Pandemi Virus Corona atau Covid-19 telah memukul perekonomian daerah. Begitu juga dengan bisnis Bank Pembangunan Daerah (BPD). Meski demikian tantangan sebenarnya baru akan dihadapi setelah pandemi ini berakhir.

Direktur utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad mengatakan, BPD mempunyai peran penting untuk mendorong perekonomian yang turun akibat pandemi Covid-19. Peran BPD ini dapat dijalankan melalui kerja sama dengan pemerintah dalam membuat program-program bantuan untuk UMKM dan Koperasi.

“Sekarang ini adalah bagaimana mereka ini butuh bantuan untuk bisa hidup. Program-program ini yang harus kita buat tentunya kita bekerja sama dengan pemerintah daerah,” ujar Santoso Rohmad dalam webminar yang digelar Infobank bertema Peranan BUMD di Masa Sulit, di Jakarta, Rabu 6 Mei 2020.

Santoso Rohmad juga mengungkapkan, bahwa saat ini Pemerintah DIY telah menyiapkan beberapa skema untuk menyelamatkan koperasi dan UMKM, salah satunya melalui kredit bersubsidi. “Ada dukungan dari Pemda untuk membuat semacam kredit lunak, seperti KUR  tapi subsidi bunganya dari pemerintah daerah,” jelasnya.

Kemudian, dirinya juga meminta kepada pemerintah pusat agar bantuan sosial (bansos) bisa dikelola oleh daerah dan disalurkan oleh BPD. Dengan demikian diharapkan dapat membantu daerah untuk menggerakkan perekonomian di daerah.

“Dengan bantuan pangan nontunai ini maka kan mengambil di e-warung yang merupakan mitra BPD DIY. Kami akan mendukung permodalannya sehingga uang akan berputar diantara BPD dan mitra BPD sehingga dapat menjaga likuiditas BPD,” jelasnya. (*) Dicky F Maulana

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]