CSR

Peran CSR Dalam Mendorong Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Jakarta – Perusahaan harus memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan ataupun masyarakat melalui berbagai kegiatan seperti Corporate Social Responsibility (CSR) yang tujuannya untuk mengembangkan lingkungan serta memperbaiki kehidupan masyarakat hingga pada proses pembangunan ekonomi berkelanjutan.

CSR memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan dan membangun kesadaran atau mendorong partisipasi pelaku usaha untuk menggelar aktifitas perekonomian tanpa melupakan partisipasi dan kontribusi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Karena pada hakikatnya, perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan.

Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial mengungkapkan bahwa CSR merupakan pertanggungjawaban yang harus dilakukan melalui berbagai program kemasyarakatan. “Sehingga, ada dampak ekonomi dan lain-lain ataupun mendukung pembangunan berkelanjutan,” ujarnya dikutip 7 Juni 2023.

Lebih lanjut dia juga menilai, CSR pun bisa menaikkan taraf hidup masyarakat, dan menjaga lingkungan sekitar. CSR juga bisa langsung menyasar ke masyarakat antara lain untuk menaikkan rasio elektrifikasi masyarakat di daerah tertentu. “Seperti kita ketahui bersama, ada saudara-saudara kita yang belum mendapatkan aliran listrik sama sekali, bukan?,” papar Syahrial.

Dalam hal tersebut, tambah dia, program CSR dapat membuat pembangkit energi baru, dengan skala kecil, di daerah yang sulit dijangkau listrik PLN. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sigit Raliantoro pun menambahkan, bahwa saat ini dunia ada di masa kerusakan eksponensial setelah lama berada di fase pertumbuhan eksponensial yang dipicu oleh revolusi industri.

Dalam masa tersebut, bisnis perusahaan harus bermanfaat untuk masyarakat dan mampu memperbaiki lingkungan. “Dalam lingkup tersebut, CSR adalah sarana pemberdayaan masyarakat. Dan masyarakat perlu diedukasi untuk belajar menyelesaikan problemnya dalam jangka panjang,” kata Sigit.

Untuk mendukung dan mengapresiasi sejumlah perusahaan BUMN dan swasta yang memiliki komitmen besar terhadap kepedulian sosial atau CSR, penghargaan Top CSR Awards 2023 pun digelar.

Ada beberapa perusahaan hebat, baik itu perusahaan terbuka atau bukan, mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut. Di antaranya adalah, Kideco Jaya Agung, MMS Group Indonesia, Multi Harapan Utama, Bukit Asam, Indo Tambangraya Megah, PLN, Pupuk Kaltim, Astra Tol Nusantara (Astra Infra), Bank Mandiri, Chandra Asri Petrochemical, BSI Maslahat, Petrokimia Gresik, Migas Utama Jabar, Bank Danamon.

Ada juga Bank BRI, Antang Gunung Meratus, AICE Group, Danareksa, PT Datang DSSP Power Indonesia, Paiton Energy – Paiton Operation and Maintenance Indonesia, Semen Indonesia, Suprabari Mapanindo Mineral, Telen Orbit Prima, Kaltim Nitrate Indonesia. Lalu, Pegadaian, Perusahaan Gas Negara, PLN Indonesia Power, Aqua, Solusi Bangun Indonesia, PLN Nusantara Power, serta beberapa perusahaan BUMN, swasta nasional, dan perusahaan multinasional lainnya.

Ketua Penyelenggara Top CSR Awards 2023, M. Lutfi Handayani menjelaskan, CSR tidak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat dan lingkungan saja, namun CSR harus selaras dengan strategi bisnis, harus mendukung pencapaian target-target bisnis, agar kinerja perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan. “CSR harus selaras dengan strategi bisnis perusahaan dan kesinambungan perusahaan,” ucapnya. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

5 hours ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

6 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

6 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

8 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

8 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

8 hours ago